Ouch! Cara Atasi Nyeri Payudara Waktu Menyusui! | Breaktime
Ouch! Cara Atasi Nyeri Payudara Waktu Menyusui!
21.12.2016

Aduh, payudara terasa nyeri saat menyusui! Well, hal ini memang merupakan sesuatu yang paling sering dikeluhkan ibu baru, B’timers. Namun sebenarnya jika payudara terasa nyeri ketika ibu menyusui, hal itu berarti ada sesuatu yang salah. Salah satu penyebabnya puting tidak sepenuhnya masuk ke dalam mulut bayi. Nah, intip tips mengatasi nyeri saat menyusui berikut ini, yuk, B’timers!

Ouch! Cara Atasi Nyeri Payudara Waktu Menyusui! | Breaktime
Walau sakit, sebaiknya tetap berikan asi langsung, B’timers

Meski baru dilahirkan, manusia sudah memiliki kemampuan untuk menyusu dengan baik, lho. Anda bisa memberikan bantuan kecil dengan meletakkan bayi pada posisi nyaman di pangkuan. Usahakanlah Anda duduk atau berbaring di posisi yang nyaman untuk menghindari rasa sakit saat menyusui.

Sebagai ibu baru, tentu banyak ibu yang masih belum memahami seperti apa tanda bayi sedang benar-benar lapar atau hanya menangis karena merasa tidak nyaman. Untuk menghindari rasa nyeri dan sakit pada payudara, sebaiknya perhatikan tanda bayi lapar. Dan segeralah berikan susu padanya.

Untuk mengatasi sakit pada payudara ketika menyusui, yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi lidah bayi. Karena bayi biasanya akan menekan puting ke langit-langit apabila tidak mendapatkan susu dengan mudah, Dan inilah salah satu penyebab utama Anda merasakan sakit saat menyusui.

Ouch! Cara Atasi Nyeri Payudara Waktu Menyusui! | Breaktime
Aktivitas menyusui akan mendekatkan bayi dengan sang ibu

Jika ada luka atau lecet pada puting, jangan gunakan obat, B’timers. Anda bisa mengoleskan air susu di permukaan kulit yang terluka, berdarah atau melepuh, kok. Luka di puting memang menyebabkan rasa tak nyaman ketika menyusui. Tapi jangan cemas, karena luka ini akan lebih cepat sembuh.

Banyak ibu yang menganggap menyusui memang seharusnya menyakitkan. Padalah hal ini salah besar, lho. Apalagi jika sampai timbul luka pada payudara, terutama puting Anda. Jika seperti itu, sebaiknya Anda segera menemui ahli medis untuk mencari tahu penyebab utama timbulnya nyeri.

Sebaiknya, jangan pernah menyepelekan rasa nyari saat menyusui, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE