Orangtua Wajib Kenali Tanda dan Ciri Anak Autis | Breaktime
Orangtua Wajib Kenali Tanda dan Ciri Anak Autis
13.12.2016

Orangtua mana yang tidak merasa bangga dengan setiap proses tumbuh kembang dari buah hatinya, ya, B’timers? Namun sebagian besar orangtua enggan belajar mengenali tanda anak autis. Padahal ciri anak autis  sangat penting untuk diketahui sejak dini, lho. Dengan demikian Anda dapat tetap memaksimalkan pertumbuhannya. Nah, berikut ini ciri anak autis yang perlu Anda kenali, B’timers!

Terganggunya kemampuan sosial penderita

Biasanya anak memang sulit untuk diajak bersosialisasi. Terutama pada orang-orang yang baru mereka kenal. Namun bagi penderita autisme, mereka akan mengalami kesulitan ketika berada di sekitar orang baru. Bahkan mereka cenderung menjauhi keramaian, meski ada banyak anak seumuran di dekatnya.

Orangtua Wajib Kenali Tanda dan Ciri Anak Autis | Breaktime
Terapi bersama hewan dapat membantu anak dengan autisme

Memiliki kesulitan untuk berempati

Dan tidak hanya memiliki kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang atau anak lain, anak autisme juga biasanya tidak memiliki kemampuan untuk mengenali serta memahami bahasa tubuh maupun intonasi lawan bicara, B’timers. Sehingga mereka lebih sering terlibat komunikasi satu arah.

Berusaha untuk menghindari kontak fisik

Meskipun ciri anak autis bisa berbeda untuk setiap anak, tetapi kebanyakan penderita autisme berusaha untuk menghindari kontak fisik, B’timers. Mereka akan meringsut menjauh dan kadang disertai bahasa verbal, jika ada seseorang yang memberikan sentuhan. 

Baca juga : LADIES, KENALI MACAM-MACAM BATUK PADA BAYI, YUK!

Tak menyukai suara, aroma dan cahaya

Ciri lain dari anak autis yang perlu Anda kenali adalah, mereka biasanya merasa sangat terganggu ketika ada suara yang terlalu keras, perubahan cahaya yang tiba-tiba hingga perubahan suhu. Bahkan ada juga yang merasa tidak nyaman jika ada aroma yang terlalu kuat.

Mengalami gangguan dalam berkomunikasi

Nah, tanda dari anak yang menderita autisme selanjutnya adalah adanya gangguan dalam kemampuan berbicara mereka, B’timers. Menurut penelitian, sebanyak 40 % penderita autisme tidak dapat berbicara atau hanya mampu menggunakan beberapa kata saja. Dan mereka menggunakan intonasi yang datar.

Orangtua Wajib Kenali Tanda dan Ciri Anak Autis | Breaktime
Meski menderita autis, anak-anak berhak mendapatkan pengetahuan

Lebih menyukai aktivitas dan kegiatan rutin

Anak-anak sangat menyukai hal-hal baru. Dan berbeda dengan anak autis, mereka lebih menyukai hal yang rutin dilakukan, B’timers. Jadi jika buah hati merasa terganggu dengan adanya kegiatan tambahan, Anda perlu mencurigai ada sesuatu pada diri mereka.

Perkembangan anak yang tidak seimbang

Well, yang namanya perkembangan pada anak, biasanya memiliki sifat yang seimbang, B’timers. Seperti kemampuan berbicara dan berjalannya. Namun pada anak yang menderita autisme biasanya mengalami perkembangan yang tidak seimbang.

Nah, dengan mengenali ciri anak autis di atas, Anda bisa dengan segera mengambil tindakan untuk bisa memaksimalkan tumbuh kembang buah hati, kan, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE