Orangtua Anda Punya Diabetes? Perhatikan Hal Ini | Breaktime
Orangtua Anda Punya Diabetes? Perhatikan Hal Ini!
30.08.2016

Hayoo, apa yang paling Anda ketahui mengenai diabetes, B’timers? Well, penyakit jangka panjang yang satu ini disebabkan oleh kadar gula yang tinggi. Dan kabar buruknya adalah, ternyata penyakit diabetes bisa diturunkan oleh orangtua pada anaknya, lho. Nah, ada baiknya perhatikan hal berikut apabila Anda memiliki orangtua dengan diabetes, ya, B’timers!

Orangtua Anda Punya Diabetes? Perhatikan Hal Ini | Breaktime
Bersantai boleh, tapi tetap aktif bergerak, ya?

Kontrol berat badan Anda dengan aktif bergerak

Ya, kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab paling utama dari diabetes tibe 2. Kebiasaan dari orangtua bisa diturunkan, termasuk kebiasaan makan dan kebiasaan hidup tidak sehat lainnya. So, mulai bergerak aktiflah dari sekarang, B’timers. Jangan diam duduk manis di depan TV dan camilan di tangan.

Pilih produk dengan karbohidrat yang diproses

Anda mungkin sudah pernah mendengar jika diet dengan mengonsumsi biji-bijian dapat melindungi diri dari risiko diabetes. Sebaliknya diet kaya akan karbohidrat olahan justru meningkatkan risiko tersebut, B’timers. Ganti sumber makanan kaya karbohidrat dengan makan biji-bijian dalam menu harian Anda.

Baca juga : 

Jauhi minuman manis dan ganti dengan air mineral

Seperti makanan dari olahan biji-bijian, minuman manis juga memiliki kadar glikemik yang cukup tinggi, B’timers. Tak hanya meningkatkan kadar gula, minuman manis juga meningkatkan berat badan dengan cepat. Gantilah minulan manis dengan air mineral. Apalagi jika Anda punya orangtua dengan diabetes.

Batasi daging merah dan hindari olahan dari daging

Dan berdasarkan penelitian terbaru, mengonsumsi daging merah, seperti sapi, babi dan domba mampu meningkatkan risiko penyakit diabetes. Bahkan meskipun Anda hanya makan dalam porsi kecil saja, lho. Untuk itu, ganti dengan daging unggas atau ikan demi untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Orangtua Anda Punya Diabetes? Perhatikan Hal Ini | Breaktime
Rokok dan minuman beralkohol? Wah, jauhi saja, B’timers!

Nah, Anda merokok? Berhenti sekarang juga, deh!

Sebagai tambahan, jika seseorang memiliki kebiasaan merokok, kabar buruknya adalah, risiko penyakit diabetes Anda akan semakin tinggi. Belum jika Anda memiliki orangtua dengan diabetes, B’timers. Nah, untuk mengatasinya, berhentilah merokok mulai sekarang dan belajarlah untuk mulai hidup sehat.

Risiko yang diturunkan dari orangtua dengan diabetes ternyata tidak lebih buruk dari kebiasaan hidup yang Anda jalani, lho, B’timers. So, sebaiknya perhatikan hal-hal di atas, ya? (NO)

Share This Article