Olahraga Yoga untuk Breast Cancer Survivor | Breaktime
Olahraga Yoga untuk Breast Cancer Survivor
06.05.2015

Kanker payudara merupakan salah satu ‘pembunuh’ wanita yang sangat ditakuti tak cuma di Indonesia, tapi juga hampir di seluruh dunia. Setelah menjalani berbagai kemoterapi, operasi, dan beragam tindakan medis yang menyakitkan, sembuh dari kanker payudara pastilah menyisakan trauma ataupun stress yang mendalam.

Salah satu olahraga yang bisa me-release stress dengan mudah tanpa perlu melakukan banyak gerakan yang akan menimbulkan cedera tambahan adalah yoga. Menurut Sierra Campbell, seorang yoga therapist di San Francisco, CA, melakukan yoga tidak hanya akan menyembuhkan penyakit yang berada di dalam otak dan tubuh saja, tapi juga bisa mengatasi kelelahan dan depresi. 

Gerakan yoga Hero, untuk cancer survivor
Gerakan yoga Hero, untuk cancer survivor

Dengan melakukan yoga secara rutin, hormon kortisol di dalam tubuh akan menurun secara drastis. Semakin rendah jumlah kortisol dalam tubuh, maka akan semakin rendah pula tingkat stress yang dirasakan seseorang. 

Lebih jauh lagi, Campbell menjelaskan bahwa dengan melakukan yoga, meditasi, dan juga latihan pernapasan, para cancer survivor bisa mengeksplorasi emosi setelah proses penyembuhan yang cukup panjang. Secara umum, ada 5 gerakan yoga yang disarankan oleh Campbell yaitu Savana, Bridge, Warrior II, Crescent Lunge, dan juga Hero pose.

Namun sebelum melakukan olahraga apapun termasuk yoga, para cancer survivor perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah efek negatif yang mungkin terjadi. Meski tergolong olahraga yang minim benturan fisik, tapi melakukan yoga juga membutuhkan energi yang tidak sedikit. 

Share This Article