Benarkah Olahraga Malam Tak Baik untuk Kesehatan | Breaktime
Olahraga Malam Tak Baik untuk Kesehatan, Mitos atau Fakta?
20.05.2015

Menjaga kesehatan sangat penting ya, B’timers? Tentu Anda juga punya sederet metode untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, mulai dari menjaga pola makan hingga rutin berolahraga. Dengan telaten, Anda pun membiasakan diri menjalankan pola hidup sehat dengan melakukan berbagai kebiasaan yang berdampak positif untuk tubuh.

Perhaps, sebagian besar dari Anda tak punya cukup waktu untuk berolahraga di pagi hari karena padatnya aktivitas yang dimulai sejak pagi sekali. Jadi, malam hari pun dimanfaatkan untuk melakukan olahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Entah itu pergi ke gym atau sekedar melakukan gerakan senam atau yoga ringan di rumah.

Namun dengan berbagai alasan, selama ini banyak anggapan olahraga di malam hari justru berdampak buruk bagi kesehatan.  Karenanya, sebagian orang menganggap olahraga di malam hari tidak efektif dan menghindarinya. Bagaimana menurut B’timers? Apakah olahraga di malam hari membawa dampak negatif untuk kesehatan, merupakan fakta atau hanya mitos belaka?

Baik tidaknya olahraga di malam hari jadi kontroversi di berbagai kalangan
Baik tidaknya olahraga di malam hari jadi kontroversi di berbagai kalangan

Yes, olahraga di malam hari tidak baik untuk kesehatan hanyalah sebuah mitos. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Clinical Research Centre of the University of Chicago menemukakan bahwa berolahraga di malam hari lebih baik daripada di pagi hari, sebab di malam hari fitness levelnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan di pagi hari.

Ini terjadi karena metabolisme tubuh beradaptasi lebih baik dengan rutinitas menjaga kebugaran tubuh di malam hari. Dengan berolahraga di malam hari, dua hormon endokrin  yakni kortisol dan thyrotropin jauh meningkat, sebaliknya tingkat gula darah pun bisa menurun drastis. Inilah mengapa Anda sudah melakukan langkah tepat jika rutin berolahraga sepulang kantor atau selepas beraktivitas seharian.

Namun tetap saja, tidak semua orang mendapat manfaat yang sama dari olahraga malam. Artinya, olahraga di malam hari bukan menjadi pilihan mutlak untuk menjaga kesehatan. Sebab, bagi sejumlah orang, berolahraga di pagi hari tetap lebih baik ketimbang di malam hari. Ini bergantung pada tingkat energi yang dimiliki seseorang, entah energi itu lebih besar di pagi hari atau malam hari.

So, kapanpun B’timers memilih waktunya, entah itu pagi atau malam hari, tetaplah rutin berolahraga agar tubuh selalu sehat, ya!

Share This Article