Oh, Inikah Faktor Penyebab Sering Sakit Kepala? | Breaktime
Oh, Inikah Faktor Penyebab Sering Sakit Kepala?
24.06.2017

B’timers, apakah Anda termasuk orang yang mudah terjangkit penyakit sakit kepala? Hm, pastinya penyakit yang satu ini amatlah menyiksa, apalagi bila Ia terjadi ketika Anda tengah asyik bekerja maupun mengurus anak di rumah. Kalau sudah terkena sakit kepala, baik yang ringan sampai yang hebat, Anda tentu tak akan mampu melanjutkan pekerjaan yang sedang Anda geluti pada saat itu. Hasilnya pun pekerjaan jadi terbengkalai dan menumpuk di akhir. Hih! Mengingat kenyataan itu, bukannya semakin sembuh Anda justru jadi semakin pusing dibuatnya kan?

Nah, hal ini bukan berarti penyakit pusing Anda tak bisa dicegah maupun diatasi lho. Pasalnya, tak semua penyebab sering sakit kepala disebabkan oleh gejala penyakit serius. Siapa tahu rasa puyeng yang Anda alami hanya merupakan segelintir akibat kebiasaan buruk yang kerap Anda lakukan selama ini.

Oh, Inikah Faktor Penyebab Sering Sakit Kepala? | Breaktime
Penting lho mengetahui faktor penyebab sakit kepala Anda

Seperti pada jenis sakit kepala primary headache— Ia merupakan sakit kepala yang dihasilkan karena terlalu lelah bekerja. Ia dipicu oleh tidak lancarnya sirkulasi darah ke kepala sehingga menyebabkan kepala bak dihantam oleh dentuman palu godam. Ketidaklancaran sirkulasi darah ini merupakan hasil dari ketegangan otot-otot saraf yang terdapat di leher serta di kepala.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
7 Cara Turunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Faktor lainnya pun bisa saja dikarenakan adanya perubahan aktivitas kimia di dalam otak, yang misalnya diakibatkan oleh rasa sedih atau rasa stres yang mendalam. Nah, hal-hal inilah yang membuat Anda mengalami sakit kepala sejenis migrain, sakit kepala cluster dan sakit kepala tegang.

Penyebab sering sakit kepalalainnya padaprimary headache adalah kegemaran berlama-lama di depan layar monitor komputer atau gadget. Tak hanya akan menyerang Anda yang sudah dewasa, sakit kepala ini juga rawan lho dialami oleh anak-anak. Maka dari itu, bagi para orang tua diharapkan senantiasa mengawasi anak-anaknya agar tak kebanyakan berkutat dengan layar komputer ataupun layar ponselnya hingga berjam-jam lamanya.

Oh, Inikah Faktor Penyebab Sering Sakit Kepala? | Breaktime
Bahaya sakit kepala mengintai akibat berjam-jam melihat layar

Secondary headache merupakan gejala yang terjadi setelah terdapat sebuah kondisi yang menstimulasi beberapa macam saraf di otak. Saraf-saraf ini sendiri adalah varian saraf sensitif yang mudah terpicu oleh aktivitas pembawa rasa sakit atau penyakit tertentu. Contoh pemicu semacam ini dapat ditemukan pada kondisi-kondisi seperti pendarahan di sekitar area otak, keracunan karbon monoksida, influenza, tumor otak, gegar otak, glukoma, stroke sampai dehidrasi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mudik Seru Tanpa Lelah, Ini Triknya!

Eits, kelihatannya penyebab sakit kepalasecondary headache memang mengerikan semua. Namun faktanya Ia juga dapat dipicu oleh kegiatan harian biasa seperti efek mabuk semalam, sakit gigi, penggunaan obat yang tak sesuai dosis hingga efek makan es krim. Jadi intinya, menganalisis penyebab dan konsekuensi dari sakit kepala yang Anda dapatkan memanglah susah-susah gampang. Yang terpenting tentu Anda perlu hati-hati dan jangan meremehkan setiap sakit kepala yang Anda alami.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Jerawat Ternyata Bisa Dengan Yoga!

Setelah mengenal faktor penyebab sering sakit kepala, ada baiknya Andamemahami cara mengatasi sakit kepala yang Anda alami. Penderita penyakit sakit kepala dapat melakukan kegiatan menempelkan heat pack atau ice packdi bagian kepala dan leher. Jangan sampai juga Anda melewatkan jam makan Anda dengan alasan apapun. Tanpa makanan, maka tubuh akan kekurangan energi untuk mentransfer aliran darah ke kepala sehingga Anda jadi mudah pusing. Tidurlah dalam waktu yang cukup. Bila sakit masih berlanjut bahkan setelah minum obat, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter. (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE