Oh, Ini Alasan Tak Boleh Makan Sebelum Operasi! | Breaktime
Oh, Ini Alasan Tak Boleh Makan Sebelum Operasi!
20.05.2017

B’Timers, bagi Anda yang pernah atau akan menjalani operasi major yang menggunakan bius total pasti pernah mendengar dokter memerintahkan Anda untuk tidak mengkonsumsi makanan, bahkan segelas air putih beberapa jam sebelum dilakukannya operasi. Tak tanggung-tanggung, Anda diperintahkan untuk berpuasa total selama 8-12 jam sebelum operasi. Mungkin batin Anda langsung memprotes, dan Andapun tidak habis pikir mengapa Anda harus menahan lapar sedemikian lamanya. Dan mungkin Anda berniat untuk mengabaikan perintah dokter, karena hey, hanya makan nasi barang beberapa suap saja won’t hurt, right?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Siapa Sangka Ini Pentingnya Rayakan Ulang Tahun!

Well, walaupun ada slogan tak tertulis yaitu “peraturan ada untuk dilanggar”, melanggar perintah dari dokter ini berpotensi mengancam nyawa Anda, B’Timers. Ada alasan mengapa dokter meminta Anda untuk berpuasa sebelum operasi, yaitu untuk mencegah Anda dari tersedak selama Anda berada di dalam pengaruh anestesi.

Pernahkah B’Timers meminum atau makan sesuatu dan tersedak karena makanan atau minuman tersebut memasuki saluran tenggorokan yang salah? Batuk-batuk akibat tersedak makanan atau minuman merupakan self-defense mechanism dari rongga paru-paru dalam mencegah makanan atau minuman tersebut dari memasuki organ paru-paru.

Oh, Ini Alasan Tak Boleh Makan Sebelum Operasi! | Breaktime
Daripada celaka, patuhi prosedur operasi ya, B’Timers!

Akan tetapi, kemampuan tubuh tersebut akan menghilang selama Anda dibius. Saat Anda dibius, rongga paru-paru Anda akan kehilangan kemampuan untuk menolak makanan dan minuman yang memasuki paru-paru. Akibatnya, Anda bisa jadi terserang paru-paru basah atau mengalami komplikasi yang berujung pada kematian.

Selain itu, mengkonsumsi makanan dan minuman beberapa jam sebelum operasi juga dapat mengakibatkan Anda merasa mual dan muntah setelah operasi. Saat Anda muntah, otot-otot perut Anda akan dipaksa untuk bekerja keras untuk mengeluarkan makanan dan minuman di dalam lambung Anda, padahal kondisi otot setelah operasi masih teramat lemah. Akibatnya otot pun menjadi tegang dan Anda pun akan merasakan rasa sakit yang teramat sangat di area jahitan operasi. Sedangkan jika Anda dioperasi dalam keadaan perut kosong, maka kemungkinan makanan atau minuman yang memasuki saluran pernapasan Anda pun dapat dicegah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Intip Cara Mengecilkan Perut Paling Efektif!

That’s being said, akan ada saatnya dimana Anda akan diminta untuk mengkonsumsi obat harian Anda sebelum operasi. Saat itu, cobalah untuk menelan obat dengan bantuan air minum seminim al mungkin. Sebaliknya, jika dokter Anda tidak meminta Anda untuk mengkonsumsi obat, maka jangan mengkonsumsi obat tersebut, B’Timers. Jika Anda ragu-ragu, Anda dapat menghubungi dokter Anda untuk berkonsultasi.  Anda juga perlu ekstra berhati-hati saat menggosok gigi, terutama di saat Anda berkumur. Usahakan sebisa mungkin untuk tidak menelan air berkumur Anda, B’Timers.

Larangan mengkonsumsi makanan dan minuman sebelum operasi hanya berlaku selama 8-12 jam. Jika Anda khawatir Anda akan merasa lemas selama berpuasa, bekali tubuh Anda dengan mengkonsumsi makanan kaya protein, seperti daging ayam, seafood, tofu, kacang-kacangan, atau produk susu low-fat. Protein yang terkandung dalam bahan makanan tersebut akan membantu Anda memperoleh energi yang cukup tanpa harus membebani organ pencernaan Anda. Konsumsi makanan-makanan tersebut selama beberapa minggu atau hari sebelum hari operasi Anda tiba.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Inilah 6 Makanan Sehat Untuk Jantung

Puasa selama 8-12 jam juga berisiko membuat Anda terkena dehidrasi. Untuk mencegahnya, Anda perlu memperbanyak konsumsi air mineral secara teratur. Cek tingkat hidrasi tubuh dengan melihat warna dari air urine. Apabila air urin Anda berwarna bening, maka tandanya tubuh Anda telah terhidrasi dengan baik.

Mengejutkan ya? Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE