Obat Rematik dari Alam yang Wajib Dicoba | Breaktime
Obat Rematik dari Alam yang Wajib Dicoba
10.08.2017

Identik sebagai penyakit yang menyerang kaum lanjut usia alias 30 tahun ke atas, penyakit rematik atau yang disebut juga sebagai asam urat merupakan penyakit yang secara khusus menyerang otot, tulang, dan persendian bahkan mengganggu sistem imun pada tubuh manusia. Meski demikian, B’timers juga harus waspada karena belakangan ini penyakit rematik mulai populer menyerang kalangan muda.

Di samping itu, banyak penderita rematik yang tidak bisa membedakan penyakit rematik dengan gejala pegal linu biasa. Nyeri sendi pada rematik tersebut dapat timbul karena infeksi maupun trauma. Rasa nyeri tersebut diakibatkan oleh peradangan maupun pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. Daripada mengobati gejala rematik dengan obat-obatan kimiawi yang sudah jelas mengandung banyak efek samping, tak ada salahnya B’timers beralih ke ramuan tradisional obat rematik yang terbuat dari bahan alami yang terbukti lebih aman dan manjur.

Daun Sirsak

Bahan pertama yang dapat dimanfaatkan untuk membuat obat tradisonal rematik ialah daun sirsak. Selain tingginya kandungan vitamin A dan C yang mampu membuang racun dari dalam tubuh, olahan daun sirsak juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri sendi akibat rematik. Cara menyiapkannya ialah dengan merebus sekitar 5 lembar daun sirsak dalam air mendidih, lalu minum air rebusan tersebut secara rutin tiap harinya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kontak Lens Lebih Nyaman Dari Kacamata, Apa Iya?

Bunga Rosela

Bunga yang juga dijadikan sebagai bahan baku teh rosela ini memiliki kandungan lignin dan asam amino arginine yang berkhasiat untuk membantu peremajaan sel tubuh. Kandungan potein esensial dan vitamin C juga membuat bunga rosela bermanfaat sebagai salah satu obat rematik dari alam. Caranya, keringkan lalu cuci bersih 5 kelopak bunga rosela, kemudian seduh dengan air mendidih sebanyak 200 ml. Anda dapat menambahkan madu sesuai selera, lalu minum secara rutin selama minimal kurun waktu 1 bulan agar terasa manfaatnya.

Buah Ceri 

Obat Rematik dari Alam yang Wajib Dicoba | Breaktime
Buah ceri, salah satu obat alternatif bagi penyakit rematik

Warnanya yang merah menggoda tersebut rupanya menyimpan kandungan magnesium yang tinggi dan berkhasiat meredakan rasa nyeri serta potassium yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya inflamasi. B’timers dapat mengkonsumsi 7 hingga 9 buah ceri secara langsung atau diolah menjadi sirup ceri terlebih dahulu. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ramuan Tradisional Obat Alternatif Diabetes

Daun Seledri

Selain dikenal sebagai salah satu bumbu alami penyedap masakan, seledri rupanya dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal untuk menyembuhkan penyakit rematik. Kandungan berbagai nutrisi bermanfaat seperti asam folat, zinc, fosfor, klorin, sulfur, asam lemak esensial, inositol, selenium, potasium, mangan, serta vitamin A dan vitamin B menjadikan daun seledri memiliki khasiat untuk menghilangkan sensasi nyeri akibat rematik. B’timers dapat menyiapkan ramuan tradisional obat rematik berbahan daun seledri dengan cara merebus 2 gram seledri yang telah dicuci bersih. Rebus dengan air mendidih sebanyak 110 ml selama 15 menit, lalu minum air rebusan tersebut sebanyak 1 kali setiap harinya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Legging Bikin Tak Selamat Kecelakaan Pesawat?

Terapi Air Hangat

Terakhir, terdapat obat rematik yang tentunya dapat diperoleh secara mudah dan praktis, yakni air hangat. Terapi tradisional dengan menggunakan air hangat ini bermanfaat untuk menghilangkan nyeri sendi secara berangsur-angsur. Selain itu, merendam bagian tubuh yang terjangkit rematik ke dalam air hangat juga bermanfaat untuk membuat Anda rileks dan memperlancar peredaran darah yang membeku. (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE