Normalkah Mata Anda? Cari Tahu dengan Cara Ini | Breaktime
Normalkah Mata Anda? Cari Tahu dengan Cara Ini
28.03.2016

Mata merupakan satu-satunya organ visual atau penglihatan yang dimiliki manusia. Karena itu, kita harus benar-benar menjaganya dengan baik. Bisa melihat bukan berarti mata Anda sehat, B’timers. Ya, sesekali Anda juga perlu memeriksa kesehatan mata apakah masih layak melihat dan membaca tanpa bantuan lensa. Bagaimana cara mengetahuinya? Baca ulasannya.

Memerlukan ruang yang lebih terang untuk membaca

Saat Anda mendapati sering membutuhkan tempat yang lebih terang untuk membaca, Anda harus mulai waspada. Setelah berpindah ke ruangan yang lebih terang, lantas dalam beberapa menit perlu cahaya lebih lagi, itu tandanya Anda memerlukan kacamata baca. Namun, hal itu normal terjadi  jika Anda adalah orang dewasa. Studi menunjukkan bahwa rata-rata orang berusia 60 tahun membutuhkan setidaknya tiga kali jumlah cahaya dari mereka yang berusia 20 tahun.

Jarak mata dan buku

Cara Anda memegang buku juga bisa menjadi  salah satu tanda bahwa Anda perlu kacamata baca. Jika Anda rabun jauh, biasanya jarak buku dan mata kurang dari 30 cm. Sebaliknya, jika Anda memiliki rabun dekat, Anda akan menjulurkan lengan yang memegang buku panjang-panjang demi melihat dengan jelas. B’timers, ingat aturan ini: jika suatu benda berjarak  35 cm dari mata dan terlihat kabur, artinya Anda memerlukan kacamata.

Normalkah Mata Anda? Cari Tahu dengan Cara Ini | Breaktime
Jarak yang tidak wajar saat membaca buku

Pusing saat membaca

Kelelahan mata karena pekerjaan yang sedikit istirahat juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap sakit kepala yang akan memburuk jika tak ditangani. Apabila sakit kepala terasa tepat di belakang mata Anda, mungkin saja penyebabnya adalah rabun jauh atau astigmatisme (benda terlihat kabur pada sudut tertentu karena bentuk kornea). Kedua masalah tersebut dapat dikoreksi dengan kacamata. Nah, Pastikan untuk mengambil waktu istirahat juga, ya!

Normalkah Mata Anda? Cari Tahu dengan Cara Ini | Breaktime
Apakah Anda merasa pusing saat membaca?

Halusinasi mata

Ketika mata Anda tidak bisa menyampaikan cahaya ke retina Anda dengan benar, cahaya dapat berubah menjadi kabur atau bias. Akibatnya, Anda mungkin melihat lingkaran terang muncul di sekitar lampu dari berbagai bentuk dan ukuran seperti dari bola lampu, neon atau lampu mobil. Jika Anda mengalami ini, tandanya Anda membutuhkan kacamata untuk memperbaiki. Sayangnya, lingkaran cahaya juga merupakan gejala umum katarak, terutama jika disertai dengan penglihatan  berawan.

Nah, semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda ya, B’timers! (nap)

Share This Article