Naik Turun Tangga Berefek Positif dan Negatif! | Breaktime
Naik Turun Tangga Berefek Positif dan Negatif, Lho!
28.04.2016

Kantor Anda berada di lantai berapa, B’timers? Sungguh merepotkan, ya, jika harus menggunakan tangga setiap kali ingin ke kantor. Beruntung ada lift. Hmm, padahal dari bukti ilmiah menunjukkan salah satu kegiatan sehari-hari ini paling erat kaitannya dengan peningkatan kesehatan, B’timers. Dan berikut mengenai efek positif dan negatif naik turun tangga yang perlu Anda ketahui, B’timers.

Manfaat mendaki tangga

Latihan aerobik yang satu ini menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Gerakan kuat dan terus menerus dari kaki dan pinggul ketika Anda menaiki anak tangga, dapat meningkatkan detak jantung serta aliran darah ke seluruh area tubuh.

Bahkan kegiatan fisik seperti memanjat tangga juga berkaitan dengan kesehatan mental yang lebih baik, lho, B’timers. Saat melakukan gerakan yang ritmis, maka tubuh akan melepaskan endorphin. Jadi Anda akan lebih mampu mengelola stres dan ketegangan sehari-hari.

Selain itu, dari rekomendasi banyak dokter, naik turun tangga sangat ideal untuk meningkatkan energi, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, osteoporosis hingga penyakit jantung, B’timers.

Naik Turun Tangga Berefek Positif dan Negatif! | Breaktime
Siapkan fisik jika ingin naik turun tangga sambil berlari!

Berapa banyak latihan yang kita butuhkan?

Ahli kebugaran biasanya merekomendasikan antara 30 – 60 menit aktivitas aerobik setiak 3 hingga 5 hari dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat kesehatan sepenuhnya, B’timers. Mulailah dengan gerakan lambat sampai tubuh merasa siap untuk tantangan berikutnya.

Jika dilihat dari efek positif dan negatif naik turun tangga, tampaknya lebih banyak dampak positifnya, ya, B’timers? Yang terpenting, Anda tetap harus melindungi kaki dengan mengenakan sepatu bertumit atau bersol tebal.

Ternyata latihan ini tidak untuk semua orang

Dibandingkan dengan berjalan cepat di lantai yang landai, mendaki tangga lebih disarankan, lho. Karena Anda harus menarik berat badan melawan gravitasi, B’timers. Ketika Anda menaiki tangga dengan kecepatan normal, tubuh membakar dua sampai tiga kali lebih banyak energi.

Meskipun naik turun tangga menawarkan berbagai manfaat kesehatan, tetap saja kegiatan ini tidak cukup aman bagi beberapa orang, lho. Khususnya mereka yang memiliki masalah pada jantung, pinggang atau pergelangan kaki.

Naik Turun Tangga Berefek Positif dan Negatif! | Breaktime
Pilih tangga untuk alasan kesehatan jantung Anda

Anda bisa mendiskusikan dengan dokter jika memang ingin menekuni olahraga naik turun tangga ini. Nah, dengan mengetahui efek positif dan negatif naik turun tangga, kini Anda tidak ragu lagi untuk menjauhi lift saat berangkat dan pulang kerja, kan, B’timers? Selamat mencoba! (NO)

Share This Article