Musik Bikin Otak Bayi Cerdas? Ini Faktanya | Breaktime
Musik Bikin Otak Bayi Cerdas? Ini Faktanya
04.06.2015

Mendengarkan musik ternyata tidak hanya bagus untuk jiwa saja lho, B’timers, tapi juga baik untuk meningkatkan fungsi cognitive system. Hal ini seperti yang diungkapkan dalam sebuah penelitian di EurekaAlert, The Global Source for Science News yang diketuai oleh Dr. Irma Jarvela dari University of Helinski in Finland pada tanggal 13 Maret 2015 lalu.

 

Dalam penelitian tersebut, disimpulkan bahwa mendengarkan musik klasik selama 20 menit dapat memodulasi gen yang bertanggung jawab dalam fungsi otak. Para peneliti menggunakan karya dari Mozart, violin concerto No. 3 G-Major, K 216 yang diperdengarkan kepada para relawan yang ikut dalam penelitian dan ternyata menghasilkan efek positif terhadap fungsi fisiologis tubuh.

Mendengarkan musik dapat mencerdaskan otak
Mendengarkan musik dapat mencerdaskan otak

Penelitian ini menjawab dengan jelas bahwa musik benar-benar dapat mempengaruhi dan meningkatkan sistem kerja otak yang sebelumnya diragukan banyak orang. Bahkan, bayi dalam kandungan juga dapat distimulasi dengan musik klasik untuk meningkatkan kemampuan otaknya.

 

Menurut Dr. Chapman J.S, seorang akademisi dari New York University, Amerika Serikat, musik klasik bahkan bisa menstimulasi otak janin dalam kandungan yang berusia 26 minggu atau sedang di trimester ke tiga. Dalam trimester ke tiga, janin sudah dapat mendengar melalui cairan ketuban sebagai penghantar.

 

Caranya, perdengarkan musik klasik selama 30 menit setiap harinya. Atur jarak speaker sejauh 50 cm atau bisa juga menempelkan headphone pada perut dengan volume suara sedang. Tapi jangan lupa, kebutuhan nutrisi janin juga perlu diperhatikan karena berperan penting dalam memaksimalkan kemampuan otaknya.

Share This Article