Multivitamin Pada Anak Bikin Ketergantungan? | Breaktime
Multivitamin Pada Anak Bikin Ketergantungan?
22.08.2016

Setiap orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Salah satunya adalah untuk kesehatan sang anak. Orang tua akan melakukan apapun ketika melihat anaknya jatuh sakit. Oleh karena itu, banyak orang tua yang sejak dini memberikan multivitamin untuk anak mereka.

Menurut Jennifer Crain, makanan sehat yang bervariasi adalah sumber vitamin dan mineral terbaik untuk anak. Tentunya Anda juga sudah tahu bahwa bahan-bahan alami merupakan sumber vitamin paling baik. Namun, tidak semua anak menyukai makanan yang Anda berikan. Mereka akan benar-benar menolak untuk makan jika tidak mau. Oleh karena itu, banyak orang tua yang memberikan vitamin khusus untuk anak.

Multivitamin Pada Anak Bikin Ketergantungan? | Breaktime
Seimbangkan multivitamin dengan makanan sehat

Namun, apakah pemberian vitamin atau suplemen dapat membuat anak ketergantungan dengan mengonsumsinya secara terus menerus? Pemberian multivitamin untuk anak tidak menyebabkan ketergantungan dan perubahan kesehatan atau menimbulkan penyakit tertentu.

Baca juga : HATI-HATI GEJALA HEPATITIS, PERIKSA SEJAK DINI

Meskipun pemberian multivitamin untuk anak tidak menyebabkan ketergantungan, Anda tetap harus meminimalisir pemberian suplemen dan lebih meningkatkan konsumsi makanan sehat. Jika memang anak Anda terpaksa harus mengonsumsi suplemen atau vitamin, makan pilih suplemen yang tepat. Cara memilih suplemen yang tepat untuk anak adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan bahwa suplemen atau vitamin memang dibutuhkan oleh anak.
  2. Pilih suplemen khusus anak dan bukan yang diperuntukkan untuk semua usia.
  3. Pilih suplemen yang memiliki dosis rendah.
  4. Komposisi suplemen harus sesuai dengan standar. Jangan lupa untuk selalu membaca label manfaat, dosis, cara penyimpanan, dan cara pemakaian produk.
  5. Konsultasikan dengan dokter.

Kesimpulannya adalah pemberian multivitamin untuk anak tidak menyebabkan ketergantungan atau efek samping lain, selama dilakukan secara benar dan sesuai dengan anjuran dokter. Sebaiknya biasakan anak untuk mengonsumsi makanan sehat. (vpd) 

Share This Article