Mulai dari Osteoporosis Sampai Diabetes, Bisa Diatasi dengan Yoga | Breaktime
Mulai dari Osteoporosis Sampai Diabetes, Bisa Diatasi dengan Yoga
08.05.2015

Meskipun yoga banyak dianggap sebagai olahraga ringan yang tidak mengeluarkan banyak tenaga seperti saat melakukan olahraga kardio, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa B’timers dapatkan. Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih lentur dan meredakan stress, banyak sekali penyakit yang bisa diperangi dengan yoga, seperti berikut ini:

Gerakan Upward-Facing Dog, pencegah osteoporosis
Gerakan Upward-Facing Dog, pencegah osteoporosis

Osteoporosis

Banyak gerakan yoga yang dapat mencegah osteoporosis, misalnya saja Downward dan Upward-Facing Dog yang fokus pada bagian lengan. Selain itu, yoga juga dapat menurunkan produksi kortisol di dalam tubuh sehingga kalsium di dalam tulang tetap terjaga. 

Asma

Kecemasan yang berlebihan akan memicu asma yang lebih parah. Maka dari itu, rutin melakukan yoga untuk menenangkan pikiran bisa sangat membantu mengurangi pemicu asma. Banyak sekali gerakan yang bisa digunakan untuk meredakan asma, contohnya saja Sukhasana, Shoulder lifts, dan juga Half spinal twist. 

Sinusitis

Rasa nyeri di daerah tulang pipi yang dirasakan penderita sinusitis tentu saja sangat mengganggu. Belum lagi gejala demam dan pusing yang sering menyertai pembengkakan di bagian sinus ini. Untuk mengatasi hal tersebut, B’timers bisa mengikuti kelas yoga. Sebuah peneltian yang dilakukan oleh Jon Lundberg and Eddie Weitzberg, dua orang professor dari Department of Physiology and Pharmacology Sweden’s Karolinska Institutet, menemukan bahwa suara bergumam ‘ohm’ saat yoga dapat membuka lubang sinus dan mengeringkannya. 

Diabetes

Yoga telah terbukti dapat menurunkan gula darah sekaligus meningkatkan lemak baik di dalam tubuh sehingga cocok sekali dilakukan oleh penderita diabetes. Yoga juga bisa meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin. Nah, jika gula darah di dalam tubuh dalam keadaan yang seimbang dan tidak berlebihan, penyakit seperti halnya serangan jantung dan gagal ginjal juga bisa dihindari. 

Bagi B’timers yang ingin melakukan yoga untuk penyembuhan, pastikan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman, ya!

Share This Article