Mudik Seru Tanpa Lelah, Ini Triknya! | Breaktime
Mudik Seru Tanpa Lelah, Ini Triknya!
19.06.2017

Mudik adalah salah satu tradisi pulang kampung yang dilakukan oleh hampir semua masyarakat Indonesia. Tradisi mudik biasanya dilakukan setiap satu tahun sekali. Saat-saat seperti hari raya Idul Fitri sering digunakan sebagai momen penting untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Perjalanan mudik oleh masyarakat Indonesia lebih sering dilakukan dengan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum. Kelayakan kendaraan, seperti mobil dan sepeda motor sangat wajib dilakukan sebelum hari H. Memastikan mesin, rem, kaki-kaki, ban, kelistrikan, dan wiper harus diperiksa secara detail. Bila perlu bawalah ke tempat servis resmi sesuai merek kendaraan yang Anda miliki.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Ampuh Atasi Pegal Saat Perjalanan Mudik

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan kondisi badan sebelum berangkat. Hal ini sangat penting mengingat Anda akan menempuh perjalanan yang jauh. Anda harus menempuh perjalanan melintasi portal bahkan pulau tak pelak akan menguras banyak tenaga. Diperlukan kondisi fisik yang prima untuk dapat berkonsentrasi pada jalanan. Karena ketika Anda lelah Anda tidak akan fokus saat berkendara sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. Berikut adalah tips agar pemudik tidak lelah ketika mudik.

Pertama, istirahat sebelum berangkat. Sebelum Anda berangkat, sebaiknya Anda tidur selama 10 hingga 45 menit. Hal ini mencegah agar Anda tidak merasa lelah dan mengantuk ketika mengemudi. Tidur dalam kurun waktu 10 hingga 45 menit dapat membantu tubuh untuk merejuvenasi otot-otot sehingga Anda akan merasa lebih segar. Mengemudi dengan fokus yang baik dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Mudik Seru Tanpa Lelah, Ini Triknya! | Breaktime
Jaga pola makan saat mudik

Kedua, kurangi karbohidrat ketika sahur. Saat akan melakukan perjalanan, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat saat sahur. Seperti yang telah diketahui kalau karbohidrat mengandung glukosa yang akan membuat tubuh membutuhkan lebih banyak energi saat dicerna. Jika tubuh telah menghabiskan banyak energi untuk mencerna karbohidrat, maka Anda pun akan cepat merasa lelah. Mengemudi ketika badan merasa lelah bukanlah pilihan yang baik karena hal ini dapat menurunkan fokus.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mana yang Lebih Baik, Memegang Kemudi dengan Kuat atau Rileks?

Ketiga, menghindari sinar matahari. Usahakan untuk tidak terkena sinar matahari yang terlalu panas atau terik ketika mengemudi karena hal tersebut akan menyebabkan dehidrasi, sehingga Anda tidak konsentrasi saat mengemudi. Apalagi ketika Anda sedang berpuasa. Dehidrasi dapat menurunkan semangat dan hilang fokus. Terkena sinar matahari juga memiliki dampak negative yaitu cahayanya yang terlalu terang sangat mengganggu mata. Bagi Anda yang sensitive terhadap cahaya matahari dapat menimbulkan pusing, sakit kepala, bahkan vertigo. 

Keempat, jangan pilih music yang monoton diputar. Lagu atau music yang monoton akan membuat Anda bosan dan gampang mengantuk. Usahakan untuk mendengarkan lagu atau musik yang bisa membuat Anda bersemangat dan tidak mengantuk saat mengemudi. Jika perlu, carilah referensi lagu-lagu dari teman-teman atau sanak saudara sehingga Anda bisa memasukkannya dalam daftar lagu Anda. Hal ini mungkin terdengar simple tetapi sesungguhnya sangat berefek besar. Ketika otak jenuh melihat jalan raya yang macet. Yang dibutuhkan adalah sedikit hiburan, dalam hal ini yaitu musik atau lagu yang dimainkan.

Mudik Seru Tanpa Lelah, Ini Triknya! | Breaktime
Istirahat yang cukup agar mudik tetap fit

Terakhir, siapkan pengemudi cadangan. Jika Anda memang akan melakukan perjalanan yang sangat jauh, usahakan untuk membawa pengemudi cadangan. Sangat berbahaya jika Anda memaksakan diri untuk menyetir dalam jangka waktu yang lama. Tubuh manusia memiliki batas dan jika dipaksakan akan berpengaruh pada tingkat fokus.  Seseorang hanya memiliki batas kemampuan untuk mengemudi selama 12 jam. Setelah itu, sebaiknya Anda meminta kepada pengemudi cadangan untuk menggantikan Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Jerawat Ternyata Bisa Dengan Yoga!

Tips – tips di atas sangat disarankan kepada ara pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda mudik menggunakan transportasi umum, maka persiapan yang harus Anda lakukan hanya lah mempersiapkan makan dan minum serta obat – obatan yang cukup. Karena mudik menggunakan transportasi umum tidak terlalu melelahkan seperti mengemudikan kendaraan pribadi. Jika Anda mudik menggunakan sepeda motor, siapkan juga air minum yang mengandung ion karena mudik dengan sepeda motor sangat rentan terkena sinar matahari yang membuat Anda gampang berkeringat. (am)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE