Mudah Ngantuk Saat Puasa? Lawan dengan Cara Ini! | Breaktime
Mudah Ngantuk Saat Puasa? Lawan dengan Cara Ini!
30.06.2015

Sebagai orang yang aktif dan produktif, tentu B’timers tetap menjalankan kegiatan sehari-hari dengan semangat meski sedang berpuasa. Nah, memang menjalankan puasa selalu diiringi begitu banyak godaan. Tak hanya menahan diri dari makan, minum, dan emosi, tetapi juga rasa kantuk yang sering tiba-tiba datang dan sulit pergi. Biar tetap fresh dan fit, Breaktime beri tips untuk mengusir kantuk, nih!

Sinar matahari alami

Sinar matahari yang alami adalah mood booster yang cepat dan efektif. Produksi vitamin D-nya membantu melindungi kita dari perubahan mood yang buruk. Sesekali berjemur atau setidaknya “terkena” sinar matahari lewat jendela sudah bisa membuat Anda tidak merasa ngantuk lagi.

Berjalan kaki

Menghabiskan waktu dengan duduk seharian takkan membantu Anda tetap terjaga. Saat Anda merasa begitu mengantuk padahal ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, luangkan sedikit waktu untuk berjalan kaki, hal ini akan membantu Anda kembali terjaga dan merasa lebih segar.

Menarik napas dalam-dalam

Teknik pernapasan yang benar juga dapat membantu Anda agar tetap terjaga. Mulailah dengan menarik napas lewat hidung dan tarik perut Anda hingga ke diafragma. Coba ulangi dengan lebih cepat agar Anda merasa lebih terjaga. Ini bisa dilakukan di sela-sela kesibukan.

Menggunakan teknik pernapasan yang benar membantu mengusir kantuk
Menggunakan teknik pernapasan yang benar membantu mengusir kantuk

Mendengarkan musik keras

Dentuman musik yang keras dapat membuat Anda merasa bersemangat, dan Anda akan selalu terjaga sepanjang waktu. Hindari mendengarkan musik yang slow atau relaxing seperti musik klasik, itu hanya akan membuat Anda semakin mengantuk.

Gerakkan tubuh setiap 30 menit

Seharian berada di depan komputer, apalagi saat sedang puasa, jelas membuat kita lelah dan mengantuk. Agar segar kembali, tubuh harus tetap aktif. Bangun, regangkan kaki Anda setiap 30 menit agar Anda dapat merasa lebih terjaga sepanjang hari.

Menghirup udara segar

Saat Anda sangat mengantuk, menghirup udara segar dapat membuat Anda merasa lebih terjaga. Jika sedang berada di kantor atau tempat kerja, bukalah jendela ruangan Anda. Jika sedang mengendarai mobil, buka jendela mobil Anda sesering mungkin.

Tidur siang sejenak

Meski hanya 10-15 menit, tidur siang yang nyenyak sangat membantu Anda tetap terjaga. Jika sempat, gunakan waktu istirahat atau waktu luang Anda untuk sejenak memejamkan mata dan tidur. Namun, jangan ulangi jika Anda justru makin mengantuk setelah tidur.

Nah, meski sedang berpuasa, tetap jaga tubuh agar selalu fit dan segar. Biar rasa kantuk tidak mengganggu aktivitas B’timers, ikuti tips-tips tadi, ya!

Share This Article