Mood Sering Berubah? Hati-Hati dengan Bipolar | BREAKTIME
Mood Sering Berubah? Hati-Hati dengan Bipolar
20.03.2015

“Except you cannot outrun insanity, anymore than you can outrun your own shadow.” 
-Alyssa Reyan-

Setiap orang pasti pernah mengalami kondisi di mana mood berubah dengan drastis. Namun jika B’timers sering mengalami hal ini, waspadalah! Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda dari bipolar disorder. 

Menurut Carrie Bearden, PhD, seorang professor di residence of psychiatry and behavioral sciences and psychology, David Geffen School of Medical UCLA, bipolar bisa ditandai dengan mood swings yang sangat ekstrem dan sering mengalami kelelahan dengan frekuensi tinggi. Berikut ini akan Breaktime bagikan informasi lebih lengkap mengenai tanda atau pertanda bipolar disorder lebih lanjut:

Hypomania

Hypomania merupakan salah satu pertanda munculnya penyakit bipolar. Dalam tahap ini penderita akan memiliki energi yang berlimpah, menjadi lebih kreatif, dan bahkan akan merasakan euforia berlebih. Menurut Dr. Barden, tahap ini merupakan fase di mana si penderita merasakan nyaman dan bahagia. 

Tidak bisa menyelesaikan suatu pekerjaan

Orang-orang yang memiliki bipolar disorder sangat mudah memulai sebuah pekerjaan atau tugas baru meskipun yang lainnya belum selesai. Hal ini didukung dengan pernyataan Don Malone, MD, director of the Center for Behavioral Health and chair of the Department of Psychiatry di Cleveland Clinic, Ohio, bahwa orang dengan bipolar akan sangat mudah memulai jutaan bahkan miliaran pekerjaan namun tidak pernah bisa menyelesaikannya. 

Mengalami depresi

Depresi yang dirasakan oleh penderita bipolar sama dengan yang dialami oleh orang pada umumnya. Namun bedanya, obat anti depresi sudah tidak bisa lagi untuk menyembuhkannya, bahkan jika dipaksakan akan menimbulkan gejala lainnya. 

Lebih sensitif

Dalam tahap ini, penderita bipolar akan merasa sedih dan depresi secara bersamaan sehingga menimbulkan sensitivitas berlebih. Menurut Dr. Barden, gejala satu ini bisa membuat hubungan si penderita dengan orang lain menjadi terganggu, bahkan bisa merusak pertemanan atau hubungan lain yang sedang terjalin. 

Jika segera ditangani dengan benar, bipolar tak akan berkembang menjadi gangguan psikologis yang parah. Maka dari itu, jangan ragu berkonsultasi dengan ahlinya jika B’timers mulai merasakan tanda-tanda bipolar tersebut, ya!

Share This Article