Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Gantung Diri! | Breaktime
Merinding, Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Gantung Diri!
18.10.2017

Banyak kasus kematian yang diakibatkan karena bunuh diri. Orang-orang putus asa yang memutuskan untuk menjemput ajal mereka sendiri seringkali melakukan gantung diri. Bukan hanya bunuh diri, gantung diri telah sejak lama menjadi hukuman bagi orang-orang yang melakukan tindak kriminal. Faktanya, dengan melakukan gantung diri, seseorang akan semakin tersiksa, karena mereka butuh waktu selama satu menit untuk pada akhirnya kehabisan nafas.

Setelah itu, jelas Anda meninggal dunia. Lalu, setelah meninggal apa yang akan terjadi pada tubuh? Tentu secara ilmiah, bukan secara spiritual, karena belum ada yang bisa membuktikan apa yang terjadi pada manusia ketika dirinya meninggal secara spiritual. Beberapa menit setelah meninggal, aktivitas otak, aliran darah, dan pernapasan akan berhenti. Dalam kondisi ini, darah akan menggenang dan menggumpal di bagian tertentu. Organ-organ vital seperti jantung, ginjal, dan hati juga berhenti berfungsi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Amankan Miss V Tanpa Obat Tradisional Keputihan

Menariknya, sel-sel dalam tubuh ternyata tak akan langsung mati. Menurut pakar patologi forensik, Dr. Judy Melinek mengatakan bahwa masih ada peluang untuk melakukan donor organ. Tergantung dengan kondisi fisik sebelum seseorang meninggal.

Beberapa jam kemudian, sel-sel tubuh akan mati dan kalsium pun akan menumpuk pada otot. Itulah mengapa tubuh orang mati menjadi sangat kaku. Dua hari kemudian, otot akan melemas lagi. Hal ini memicu sisa-sisa racun dan cairang keluar dari dalam tubuh. Kulit juga akan mengering dan keriput. Pada masa ini, kuku seolah tumbuh.

Setelah berhari-hari meninggal, tubuh akan memproduksi zat pengurai alami yang disebut dengan kadaverin dan putresin. Keduanya menghasilkan bau tak sedap, karena kadar keasaman meningkat drastis. Dengan begitu, bakteri berkembang dengan sangat pesat. Berbagai serangga dan binatang seperti belatung pun berkembang biak setelah beberapa minggu meninggal. Sampai akhirnya dalam waktu empat bulan, semua organisme akan memakan seluruh bagian tubuh. Pada akhirnya, kematian menjadi proses alami yang penuh dengan kehidupan baru untuk berbagai jenis organisme yang menyerap tubuh sebagai sumber energi.

Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Gantung Diri! | Breaktime
Ngeri, ini yang terjadi saat seseorang gantung diri!
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Obat Herbal Penurun Kolesterol Ada Di Dapur!

Nah, jika seseorang memutuskan untuk gantung diri, ia akan mengalami petualangan kematian yang lebih mengerikan. Menurut Journal of Forensic Science, pada detik ke 13, seseorang akan kehilangan kesadaran. Dua detik kemudian, ia mulai kejang-kejang. Di detik ke 21, seseorang akan mengalami dekortikasi dan disusul dengan rigiditas desebrasi –lengan dan tungkainya bergerak spontan-. Dalam 1 menit 38 detik akan kehilangan fungsi otot. Lalu apalagi yang dirasakan oleh orang yang gantung diri?

Detik 13 : hilang kesadaran

Detik 15 : kejang-kejang

Detik 21 : tubuh mulai kaku

Detik 46 : melemahnya fungsi otak

Menit 1 Detik 38 : hilang tensi otot

Menit 4 Detik 10 : gerakan otot terisolasi

Menit 4 Detik 30 : pernapasan menurun

Menit 6 Detik 30 : pernapasan berhenti total

Saat digantung atau menggantung diri, hal pertama yang dirasakan adalah gravitasi yang sangat kuat menarik tubuh. Leher tercekik dan tidak bisa bernapas. Setelah merasakan sakitnya tercekik, nyeri luar biasa menjalar ke tengkuk dan dada. Mata akan melotot dan terasa perih karena tekanan yang sangat kuat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Percaya bahwa Gangguan Jiwa Bisa Menular!

Setelah itu, hal-hal mengerikan akan menyerang Anda, seperti wajah berwarna ungu kemerahan, busa dan liur keluar dari mulut, dan pendarahan di tenggorokan, karena terjadi kocokan pada tenggorokan dan dada saat berusaha bernapas. Anda tidak akan langsung mati, tubuh akan meronta-ronta dan berayun kesana kemari. Ini hal reflek yang akan terjadi hingga mematahkan tulang leher dan terjadi pendarahan otak. Setelah itu tubuh akan lumpuh dan akhirnya semua fungsi organ berhenti. Disitulah Anda baru akan menemui ajal.

Jadi, jika B’timers memang merasa putus asa dalam hidup, pikirkan ulang untuk melakukan bunuh diri dengan cara menggantung diri.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE