Menyuapi Anak Sambil Nonton TV Ternyata Bahaya, Selidiki Penyebabnya! | Breaktime
Menyuapi Anak Sambil Nonton TV Ternyata Bahaya, Selidiki Penyebabnya!
14.06.2015

Menyuapi anak yang berada dalam rentang usia 1 hingga 5 tahun terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu. Pasalnya, ini adalah masa-masa sulit makan bagi anak. Oleh karena itu, sebagian ibu menyiasati hal ini dengan menyuapi anak sambil membiarkannya nonton TV. Sudah benarkah cara ini?

Menurut Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc, seorang dokter ahli gizi yang juga merupakan staf pengajar di FKUI, anak-anak dengan usia 15 bulan memang kerap rewel dalam hal makan. Namun, menyiasati agar buah hati mau makan dengan mengajaknya nonton film juga bukanlah cara yang tepat.

Hal yang sama juga dinyatakan oleh pihak American Academy of Pediatrics. Setidaknya ada sejumlah hal negatif yang terjadi pada buah hati bila Anda menyuapinya sambil nonton TV. Berikut informasi yang Breaktime sajikan untuk Anda:

Memicu perilaku agresif anak

Makan sambil nonton TV bisa bikin anak agresif
Makan sambil nonton TV bisa bikin anak agresif

Ada banyak sekali tayangan televisi yang bisa muncul begitu saja tanpa prediksi Anda. Film-film kartun pun bukan jaminan aman untuk ditonton oleh anak. Sejumlah film kartun yang justru mengekspos kekerasan malah dapat membuat anak jadi lebih agresif.

Alih-alih mau makan dengan lahap, sejumlah anak justru terinspirasi untuk menolak suapan yang diberikan ibunya dengan sikap kasar. Pada jangka panjang, anak akan menjadi tak sensitif terhadap korban kekerasan.

Menghambat proses belajar

Usia 1 hingga 5 tahun memang menjadi masa transisi bagi anak untuk belajar mengenal makanan. Bila sebelumnya anak bergantung pada pilihan menu dari ibu, kini ia telah mulai bisa memilih sendiri jenis makanannya. 

Oleh karena itu, di tahap ini perlu belajar mengenali dengan baik makanannya. Namun, fokus belajar ini akan teralihkan bila B’timers juga menyalakan teve di rumah. Acara TV akan membuat anak acuh dengan makanannya.

Bila memang B’timers ingin agar buah hati lebih lahap saat makan, Anda bisa memilih untuk mengajaknya jalan-jalan ke taman. Di sana anak bisa bertemu dengan teman kecilnya yang juga sedang makan sehingga ia pun akan lebih termotivasi untuk melahap makanannya.

Share This Article