Menu Ngidam Saat Hamil Ternyata Punya Artian Khusus, Lho | Breaktime
Menu Ngidam Saat Hamil Ternyata Punya Artian Khusus, Lho
01.10.2015

Fenomena unik yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah “ngidam”. Sampai saat ini, masih belum ada yang tahu pasti mengapa muncul keinginan kuat untuk mengonsumsi seseuatu secara tiba-tiba saat hamil. Namun, Joseph Colella, MD, punya pendapat unik soal ini.

Dalam buku yang ditulisnya, “The Solution Appetite” ngidam makanan ternyata bisa jadi pertanda bahwa tubuh tengah mengalami kekurangan nutrisi, lho. Nah, berikut pertanda alami bila Anda ngidam sejumlah menu makanan di bawah ini:

Keripik kentang, snack, pretzels

Ngidam salah satu atau malah ketiga jenis makanan di atas bisa menunjukkan bahwa B’timers mengalami dehidrasi. Konsumsi rasa asin pada camilan tersebut mampu menahan cairan tubuh. Selain itu, bisa jadi tubuh juga tengah stres sehingga dibutuhkan makanan pengusir stres secara cepat.

Kentang goreng

Kurang tidur juga membuat otak memerintahkan mencari kentang goreng guna mendapatkan sumber energi terbaik. Sebab, makanan yang digoreng dengan rasa asin dan gurih mampu memuaskan syaraf di otak yang berkaitan dengan rasa kenyang.

Makanan dan minuman manis

Donat kerap jadi menu ngidam favorit
Donat kerap jadi menu ngidam favorit

Apakah selama ini Anda kerap mengonsumsi nasi putih, roti putih, atau pasta? Makanan tersebut mengakibatkan lonjakan gula darah yang mengakibatkan Anda mengantuk dan lemas. Oleh karena itu, tubuh akan mengisyaratkan Anda untuk mencari gula tambahan.

Namun, bisa juga Anda sedang diliputi stres sehingga otak membutuhkan gula untuk mengaktifkan rasa senang melalui konsumsi donat, puding, sirup, dan lainnya. Namun, waspadalah bila kebiasaan ini juga diiringi dengan sering buang air kecil. Bisa jadi diabetes tengah mengincar kesehatan B’timers.

Es krim

Tiba-tiba saja ingin makan es krim? Well, bisa jadi Anda menalami heartburn atau naiknya asam lambung. Oleh karena itu, konsumsi susu krim cenderung menyenangkan untuk dinikmati. Namun, bisa juga tubuh sedang kelelahan sehingga dibutuhkan olahan susu yang mengandung gula untuk menyuplai energi dengan cepat.

Keju

Bila saat hamil Anda sangat ingin memakan keju, boleh jadi tubuh membutuhkan kalsium dan vitamin D. Padahal, keduanya sangat dibutuhkan untuk kesehatan kondisi tulang dan gigi. Selain mendapatkannya dari keju, B’timers juga bisa mendapatkannya dengan berjemur di pagi hari.

Nah, sejauh ini makanan apa saja yang jadi menu ngidam terkuat Anda? Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh lainnya agar kesehatan Anda dan janin tetap terjaga.

Share This Article