Menjaga Kadar Kolesterol Tidak Mustahil! | Breaktime
Menjaga Kadar Kolesterol Tidak Mustahil!
18.11.2016

B’Timers, setelah Anda memasuki usia di atas 20 tahun, tentu Anda sering mendengar istilah “kolesterol” sering disebutkan oleh orang-orang di sekitar Anda, bukan? Dan Anda tentu sering mendengar penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kolesterol, sehingga tidak jarang ketika Anda mendengar kata ‘kolesterol’ yang muncul di benak Anda adalah sesuatu yang jahat dan berbahaya. Sesungguhnya, kolesterol bukanlah hal yang sebegitu berbahaya, karena kolesterol pada hakikatnya adalah zat lemak yang berfungsi untuk lumbung persediaan energi bagi sel-sel tubuh Anda yang terkandung dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Akan tetapi, lemak baik ini dapat menjadi ancaman berbahaya bagi tubuh apabila Anda tidak menjaga kadar kolesterol dengan baik.

Kadar kolesterol yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular seperti jantung, hati, dan lain sebagainya. Dan apabila hal tersebut dibiarkan, maka kolesterol akan mengakibatkan serangan jantung, stroke, dan penyakit-penyakit fatal yang lain. Sehingga tidak mengherankan apabila Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap seimbang. Selain itu, berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kolesterol Anda tetap terjaga.

  • Stop Smoking!

Kebiasaan menghisap merokok adalah kegiatan yang nampaknya sangat populer dan dinikmati oleh banyak kalangan, terutama kaum pria. Tetapi, kandungan yang ada di dalam rokok berpotensi merusak lapisan dalam pada pembuluh darah arteri Anda (endothelium). Selain itu, rokok juga dapat menurunkan kadar HDL atau kadar kolesterol baik dan di saat yang sama ia justru meningkatkan kadar kolesterol (LDL) atau kolesterol jahat sehingga kadar kolesterol jahat dalam darah pun semakin meningkat dan dapat mengakibatkan kejang-kejang atau serangan jantung

Menjaga Kadar Kolesterol Tidak Mustahil! | Breaktime
Yuk, mulai hidup sehat cegah penyakit kolesterol!
  • Rajin Berolahraga

Berolahraga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap lancar. Kegiatan olahraga secara rutin merangsang tubuh untuk melakukan proses pembakaran lemak kolesterol jahat dan meningkatkan produksi kolesterol baik. Ada baiknya Anda menyisihkan waktu selama 40 sampa 60 menit per hari untuk berolahraga sebelum bekerja

  • Lebih Banyak Konsumsi Makanan Sehat

Seperti yang telah diutarakan sebelumnya, kolesterol adalah lemak yang diproduksi dari makanan-makanan yang Anda konsumsi. Lemak kolesterol tersebut kebanyakan terdapat pada makanan-makanan yang mengandung lemak trans seperti daging berlemak, jajanan atau lauk pauk yang digoreng, kuning telur, serta produk-produk olahan susu. Dan kembali lagi, tubuh sangat memerlukan lemak kolesterol ini dalam skala tertentu yaitu sekitar 20 gram. Di luar itu, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur mayur yang mengandung serat

Baca juga : REMPAH-REMPAH BERIKUT EFEKTIF TURUNKAN KOLESTEROL

  • Jauhi Minuman Beralkohol

Bagi Anda yang gemar meminum minuman beralkohol secara rutin, ada baiknya Anda mengurangi frekuensi minum hingga batas wajar yaitu hanya satu hingga dua gelas per hari untuk pria, dan hanya satu gelas per hari untuk wanita. Karena minuman beralkohol pun memiliki senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolesterol, dan apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya belly beer (lingkar pinggang yang melebar akibat lemak yang menumpuk).

  • Lakukan Program Diet

Program diet pada dasarnya tidak hanya ditujukan bagi Anda yang ingin muat di dalam segala baju favorit Anda, tetapi juga memiliki fungsi untuk mencegah kolesterol. Apabila Anda memiliki berat yang ada di luar ambang berat ideal, maka ada baiknya Anda melakukan program diet untuk menghilangkan tabungan lemak-lemak trans yang ada dalam tubuh Anda. Karena obesitas tidak hanya mengecilkan kesempatan Anda tampil menawan dalam pakaian kesukaan Anda, tetapi yang lebih utama, obesitas dapat menyebabkan peristiwa resistensi insulin, dimana tubuh mengalami peningkatan produksi hormon insulin, sehingga menyebabkan gula darah dan mengakibatkan kadar kolesterol melonjak naik.

Menjaga kadar kolesterol agar tetap seimbang sangat penting untuk memperoleh kualitas hidup yang baik dan umur yang lebih panjang. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE