Menguap Tidak Selalu Sama dengan Mengantuk, Lho! | Breaktime
Menguap Tidak Selalu Sama dengan Mengantuk, Lho!
26.11.2015

Pernahkah Anda tiba-tiba menguap padahal istirahat Anda dirasa sudah cukup? Tahukah Anda B'timers, sebenarnya menguap tidak hanya menandakan bahwa Anda sedang mengantuk saja, lho. Cukup banyak gejala penyakit yang awalnya ditandai dengan terlalu seringnya seseorang menguap. Berikut beberapa alasan mengapa seseorang menguap : 

Menguap Tidak Selalu Sama dengan Mengantuk, Lho! | Breaktime
Menguap tidak hanya menunjukan kondisi Anda sedang mengantuk.

 1. Merasa bosan

Saat seseorang merasa bosan akan sebuah kegiatan, atau sedang sendirian maka ia akan sering kali menguap. Ini disebabkan karena otak terlalu panas dan salah satu respon tubuh untuk mendinginkannya adalah dengan menguap.

2. Kurang air

Selain didapat dari udara bebas, oksigen juga didapat dari air B'timers. Saat kandungan oksigen lebih kecil dari karbondioksida dalam tubuh, untuk mengeluarkannya dengan cepat adalah dengan cara menguap. Alhasil, orang yang kurang air akan lebih mudah menguap.

3. Masalah Lever

Apabila Anda sering menguap akan tetapi Anda tidak merasa mengantuk sedikit pun, segeralah periksakan diri ke dokter. Cukup banyak penyakit hati yang berawal dengan gejala mudah menguap B'timers, salah satunya adalah penyakit kuning atau bahkan kanker hati.

4. Kelainan Multiple Sclerosis

Multiple Sclerosis adalah kelainan tubuh yang menyebabkan seseorang terserang disfungsi thermoregualtory. Definisi dari penyakit ini adalah merasa kesulitan mengontrol suhu tubuh sehingga respon tubuh untuk menguap akan cukup tinggi.

5. Efek samping obat

Meminum jenis obat tertentu bisa membuat seseorang dengan mudah menguap B'timers. Apabila ini terjadi, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar gangguan ini bisa menghilang. Apabila tidak, bisa-bisa hal ini akan mendatangkan penyakit lainnya B'timers.

Itulah beberapa alasan mengapa seseorang yang mudah menguap tidak hanya menunjukan dia sedang mengantuk B'timers. Apakah B'timers penah mengalami salah satunya? (wsu)

Share This Article