Menghilangkan Keloid, Bagaimana Caranya? | Breaktime
Menghilangkan Keloid, Bagaimana Caranya?
19.08.2015
Dokter klinik estetika yang bisa hilangin bekas jahitan di kening dimana ya dok daerah Jakarta? biaya sekitar berapa. Tolong infonya dok, Terima kasih





Salsabilla Firdausia (28), Sibolga

Sebelumnya, bekas macam apa yang Salsabilla maksudkan? Apakah bekas jahitannya hanya berupa perubahan warna kulit (belang) ataukah bekas berupa keloid?

Keloid adalah pertumbuhan jaringan baru yang berlebihan saat penyembuhan luka. Jadi bekas luka yang ditimbulkan akan menonjol dan ukurannya bisa lebih besar dari luka aslinya. Keloid ini biasanya dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Ada beberapa cara yang bisa membantu menghilangkan keloid, antara lain:

  • Suntikan steroid pada keloid. Cara ini relatif aman digunakan, tetapi memang biasanya perlu dilakukan lebih dari satu kali sesuai ukuran keloid untuk hasil yang maksimal.
  • Laser. Tindakan ini relatif aman, tetapi biasanya butuh dilakukan berulang-ulang.
  • Tindakan bedah (operasi), agak beresiko, namun aman jika dilakukan oleh ahlinya.
Butuh perawatan tepat untuk menghilangkan keloid
Butuh perawatan tepat untuk menghilangkan keloid

Baca juga: DONOR ASI, AMANKAH UNTUK BAYI?

Jika memang bekas luka bukan berupa keloid (hanya terjadi perubahan warna kulit, tidak menonjol) Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit untuk diberikan salep atau dilakukan laser ( semua klinik estetika dengan dokter spesialis kulit biasanya dapat mengatasi problem tersebut).

Jika bekas yang ditimbulkan berupa keloid yang cukup parah, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis bedah plastik reskonstruksi dan estetik (sp. BP – RE). Untuk harga, tidak bisa diperkirakan, tergantung bekas luka dan ukuran luka, serta tindakan mana yang dipilih oleh dokter. Semoga artikel tentang keloid ini bisa membantu Anda sekalian.

Share This Article