Mengetahui Fakta-Fakta Dari Ring Jantung | Breaktime
Mengetahui Fakta-Fakta Dari Ring Jantung
08.07.2018

Breaktime.co.id - Pasang ring jantung dipercaya dapat mencegah serangan jantung bahkan dapat menurunkan risiko kematian. Akan tetapi, bagaimana bila ring jantung dipasang pada seseorang yang tidak mengalami serangan jantung dan hanya ingin mencegah risiko serangan jantung? Apa risikonya untuk kesehatan? Berikut fakta-fakta mengenai ring jantung.


Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Ring jantung memiliki fungsi untuk menjaga pembuluh darah agar tetap terbuka lebar, pemasangannya pun juga membantu mengurangi resiko serangan jantung pada pasien. Pada pasien yang tidak memasang ring, meskipun dokter sudah berusaha melebarkan pembeluh darah pasien kemungkinan akan terjadi penyempitan kembali (restenosis). Saat pembuluh darah semakin sempit dan darah sulit mengalir maka resiko terkena serangan jantung pun meningkat.

Melebarkan Pembuluh Darah

Fungsi utama ring jantung untuk melebarkan pembuluh darah yang menyempit. Cara bekerja ring jantung ini memasukkan lewat kateter ke pembuluh darah yang tersumbat. Ketika sudah sampai ke tempat di taruhnya ring jantung tersebut, maka ring akan dikembangkan sehingga membuka paksa pembuluh darah.

Dilapisi Obat

Bahan pembuatan ring jantung biasanya terbuat dari kawat logam atau plastik yang tersusun seperti jala. Dari beberapa jenis ring ada yang dilapisi juga dengan obat-obatan yang memiliki fungsi untuk membantu menjaga pembuluh darah bisa tetap terbuka.

Operasi Kecil

Pasien yang bermasalah dengan jantung lebih memilih untuk memasang ring jantung, alasannya karena operasi pemasangan ring jantung ini relatif kecil atau tindakan invasif minimal. Pasien yang memasang ring jantung akan mendapat bius lokal saat dipasangkan kateter yang akan membawa ring tersebut ke daerah pembuluh darah yang tersumbat.

Permanen

Saat ring tersebut sudah terpasang di pembuluh darah, ring jantung ini bersifat permanen. Karena sifat tersebut beberapa produsen saat ini sudah mengembangkan ring jantung dari material yang bisa diserap tubuh (bioresorbable). Seiring dengan berjalannya waktu, ring dari bahan bioresorbable akan larut menyatu bersama dengan pembuluh darah.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE