Mengenal Sleep Paralysis, Biasa Orang Sebut Semacam "Ketindihan" | Breaktime
Mengenal Sleep Paralysis, Biasa Orang Sebut Semacam "Ketindihan"
13.03.2018

Setiap orang, paling nggak pernah mengalami 1x "ketindihan" dalam hidupnya, atau dalam bahasa medis disebut dengan Sleep Paralysis. Fenomena ini biasanya terjadi saat otot tubuh mengalami kelumpuhan sesaat dan kamu nggak bisa menggerakkannya, walaupun otak kamu sadar. Hal ini bisa bikin kamu panik dan kejadian ini yang sering banget orang bilang "Ih, ketindihan itu, mah ih".

Sleep Paralysis biasanya kerap terjadi karena badan sudah siap beraktivitas sedangkan otak belum siap keluar dari fase tidur. Usia 25-44 tahun merupakan usia rentan mengalami sleep paralysis.

Belum ada penyebab pastinya banget fenomena ini bsia terjadi kepada orang-orang. Tapi sejauh ini, analisa paling mendekati adalah pola tidur yang tidak teratur, tubuh terlalu lelah, stres tinggi, atau penggunaan obat-obatan tertentu bisa memicu terjadinya sleep paralysis. Jadi ya cara terbaik adalah menghindari hal-hal yang bsia berdampak buruk bagi tubuh kamu.

Kalau sleep paralysis terjadi, terus apa yang harus dilakukan? Intinya jangan panik dan atur napas serta kontrol tubuh. Terus rangsang otak kamu dan gerakkan tubuh sekuat mungkin agar kamu terus bisa berusaha untuk bangun. Kalau udah bangun, jangan tidur lagi, atur napas dan tenangkan diri. Pergi ke kamar mandi untuk cuci muka dan minum air mineral untuk menetralkan tubuh.

Sekarang kalau kamu tiba-tiba merasa seperti sleep paralysis, udah tau hal pertama yang dilakukan. Jadi nggak perlu panik dan tetap tenang adalah kunci sukses bisa menggerakkan tubuh kembali. Dan jaga kondisi tubuh baik mental maupun fisik ya :)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE