Mengatasi Buta Warna, Benarkah Dapat Disembuhkan | Breaktime
Mengatasi Buta Warna, Benarkah Dapat Disembuhkan?
30.11.2016

Sudah pernah melakukan tes buta warna, B’timers? Well, yang namanya menjalani kehidupan dengan memiliki gangguan kesehatan tentulah bukan hal yang menyenangkan. Terlebih gangguan pada indra pengelihatan. Tidak hanya rabun saja yang dapat menghalangi aktivitas, lho. Buta warna termasuk satu jenis gangguan pengelihatan yang cukup mengganggu.

Namun sayangnya kebanyakan orang tidak terlalu menyadari hal ini hingga timbul masalah. Buta warna bisa mendatangkan masalah yang terbilang cukup sederhana, seperti menyiapkan makanan, berkebun, olahraga, mengendarai kendaraan hingga memilih pakaian. Nah, pertanyaannya adalah sebenarnya kita bisa mengatasi buta warna atau tidak, ya, B’timers? Check this out!

Mengatasi Buta Warna, Benarkah Dapat Disembuhkan | Breaktime
Lakukan tes warna untuk ketahui kemungkinan buta warna

Gangguan pengelihatan tak mampu membedakan warna

Kebanyakan orang yang mengalami buta warna biasanya tak bisa membedakan warna hijau dan merah. Mereka tak mampu mengetahui antara daging yang sudah benar-benar matang atau belum. Tak hanya itu, penderita gangguan ini biasanya tak sanggup membedakan tomat hijau dan tomat matang, ataupun kecap dan saus coklat.

Baca juga : JANGAN MALAS! BERIKUT INI MANFAAT OLAHRAGA MALAM!

Beberapa makanan akan terlihat sangat menjijikkan jika Anda mengalami gangguan pengelihatan yang satu ini, B’timers. Dan jika anak-anak yang buta warna, jangan heran jika mereka menyamakan makanan di hadapannya seperti warna kotoran, lho.Jadi, apabila Anda mendengar buah hati mengeluh tentang makanannya, jangan terburu-buru memarahinya dulu, ya?

Mengatasi Buta Warna, Benarkah Dapat Disembuhkan | Breaktime
Periksakan setiap gangguan yang Anda rasakan pada dokter

Yang paling membahayakan adalah, ketika orang dengan buta warna mengendarai kendaraan bermotor, B’timers. Mereka tak mampu membedakan lampu lalulintas yang menyala. Namun bukan hanya untuk orang dewasa, karena anak-anak yang buta warna pun dapat merasa frustasi dengan gangguan ini. Hal ini biasanya baru disadari ketika mereka tidak dapat membedakan lampu indikator di game-nya.

Di United Kindom, penderita buta warna sendiri tidak dimasukkan dalam golongan cacat. Sementara di kebanyakan negara, gangguan ini masuk ke dalam kecacatan fisik, B’timers. Yang cukup unik, di Jepang, penderita buta warna dikelompokkan ke dalam kelas tersendiri, di mana mereka memiliki pilihan karir tersendiri. Dan tidak diberikan izin untuk berkendara seorang diri.

Baca juga : TAMBAH AKTIVITAS PAGI INI UNTUK UBAH HIDUP ANDA!

Pengobatan efektif untuk mengatasi masalah buta warna

Dan apakah kita sanggup mengatasi buta warna, B’timers? Well, tidak seperti kasus gangguan mata lain yang dapat disembuhkan dengan tindakan operasi atau pengobatan. Buta warna ini disebabkan karena adanya kerusakan pada beberapa kromosom di dalam mata yang rusak. Sehingga hal tersebut membuat gangguan pengelihatan pada mata penderitanya.

Nah, apabila masalah ketidakmampuan seseorang membedakan warna ini terkait dengan penggunaan obat-obatan tertentu atau penyakit medis tertentu, buta warna dapat diatasi dengan melakukan terapi. Misalnya jika penyebab buta warna ini adalah karena katarak, maka tindakan operasi katarak akan bisa mengatasi buta warna, B’timers. Namun sebenarnya tidak ada pengobatan untuk mengatasinya.

Karena tidak ada pengobatan yang efektif untuk mengatasi buta warna, hal yang perlu dilakukan orang dengan gangguan ini adalah langsung meminta bantuan pada orang lain, B’timers. Meski tampak cukup mengganggu, namun hal ini jauh lebih baik daripada Anda memilih warna yang salah. Tanyakan pada orang di sekitar Anda apakah mungkin meminta mereka memberikan bantuan sedikit.

Cara lain untuk mengatasi buta warna adalah dengan memberikan tanda tertentu pada setiap warna di sekitar Anda. Misalnya tingkat kecerahan, posisi dan kata-kata. Dengan demikian Anda bisa menghapal seperti apa suatu warna, misalnya pada lampu lalulintas, B’timers. Dan yang terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mempertimbangkan label warna tertentu dengan barang lainnya.

Well, meskipun tidak ada cara untuk mengatasi buta warna, namun ini bukan berarti Anda tidak dapat berkreasi, B’timers. Temukan passion Anda dan tekuni! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE