Mengapa Lunch Break Itu Wajib? Ini Alasannya! | Breaktime
Mengapa Lunch Break Itu Wajib? Ini Alasannya!
27.03.2016

Kapan terakhir kali Anda benar-benar beristirahat untuk makan siang, B’timers? Well, saat di mana Anda bangkit dari meja kerja dan duduk di tempat lain, di mana Anda tidak menggunakan tangan kiri untuk makan sandwich dan tangan kanan pada mouse untuk menyelesaikan spreadsheet, atau di mana Anda menikmati setiap suapan makanan dengan lahap dan bukannya makan sambil menatap layar komputer dengan fokus.

Terbukti hanya satu dari lima pekerja yang beristirahat “sungguhan” untuk makan siang. Padahal menurut ahli gizi, istirahat makan siang merupakan kebutuhan. Bahkan bisa menjadi hal yang wajib, lho. Terutama ketika melihat masalah kesehatan dan karier Anda, B’timers. Dan berikut alasan mengapa lunch break itu wajib Anda lakukan.

Tidak ada kecenderungan makan berlebih

Anda memang bukan orang yang multi-tasking, B’timers. Jadi sebaiknya jangan bekerja dan makan dalam waktu yang bersamaan. Dengan berhenti bekerja sejenak saat makan siang, Anda akan lebih memperhatikan apa dan bagaimana Anda makan. Karena bagi kebanyakan orang, mereka cenderung akan makan lebih banyak ketika perhatian terpecah.

Peluang untuk bercengkerama dengan rekan kerja

Mengapa Lunch Break Itu Wajib? Ini Alasannya! | Breaktime
Waktu makan siang memang bukan untuk bergosip, namun Anda bisa melepaskan ketegangan

Ini sebenarnya tergantung, apakah Anda seorang yang ekstrovert atau introvert. Tapi menurut seorang psikolog, Janet Scarborough Civiteli, interaksi sosial di kantor juga penting dan dapat memberikan energi tambahan, B’timers. Dengan beristirahat untuk makan siang dan berkumpul dengan rekan kerja, berarti Anda ikut membentuk hubungan dengan yang lain.

Ada waktu untuk mengisi energi

Setiap orang memiliki energi yang terbatas. Dan sangat penting untuk mengembalikannya setelah Anda beraktivitas sejak pagi di kantor. Semakin lama Anda menunda istirahat makan siang, semakin banyak energi yang terkuras, B’timers. Dan ini bisa membuat Anda kehilangan kemampuan untuk fokus dan bertindak kreatif. Sehingga Anda pun akan sulit dalam mengambil keputusan penting.

Kesempatan untuk menikmati sesuatu

Mengapa Lunch Break Itu Wajib? Ini Alasannya! | Breaktime
Sempatkan untuk menikmati udara terbuka saat jam istirahat

Makan menu makan siang Anda. Lalu berjalan-jalanlah di taman di luar kantor. Gunakan waktu istirahat makan siang Anda untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia. Mengapa ini wajib, B’timers? Dengan memaksimalkan istirahat siang, Anda akan mendapatkan energi atau emosi positif. Karena itu adalah faktor penting dalam kreativitas. Jadi Anda akan kembali bersemangat untuk bekerja.

Dan yang terpenting, dengan tidak makan di meja kerja, berarti Anda tidak makan di tengah tumpukan kuman, B’timers. Coba ingat, kapan terakhir kalinya Anda membersihkan meja. Nah, dengan mengambil lunch break, artinya Anda membuktikan kepedulian terhadap kesehatan sendiri, B’timers. (NO)

Share This Article