Resiko saat Melakukan Pencukuran Bulu Kemaluan | Breaktime
Mencukur Rambut Kemaluan, Perlukah Dilakukan?
14.08.2015

Demi kebersihan dan kecantikan, perempuan memiliki waktu tersendiri untuk mencukur pubic hair-nya. Kebiasaan ini, sebenarnya baik atau tidak, ya? Ini penjelasan dari Huhg Byrne, konsultan ginkologi, tentang hair removal alias mencukur pubic hair:

Menyebabkan abses

Mencukur pubic hair dapat menyebabkan Anda terinfeksi abses akibat bakteri yang masuk melalui folikel rambut. Meskipun dapat disembuhkan dengan antibiotik dan operasi kecil, hal ini tetaplah berisiko.

Menyebabkan ingrown hair

Tujuan mencukur pubic hair adalah untuk mempercantik diri. Namun, hal ini dapat menyebabkan ingrown hair. Ketika mencukur Anda akan melepas lapisan atas kulit dan menyisakan sedikit rambut. Rambut ini nantinya akan mencoba tumbuh dan tumbuh lagi di dalam dirinya sendiri. Akibatnya, bagian privat Anda menjadi tak sedap dipandang dan membuat Anda tak nyaman, meskipun hal ini tidak berbahaya.

Waxing memiliki risiko yang sama seperti mencukur
Waxing memiliki risiko yang sama seperti mencukur

Meningkatkan risiko IMS

Sebuah penelitian pada tahun 2012 menunjukkan bahwa mencukur pubic hair dapat meningkatkan risiko terjadinya Infeksi Menular Seksual (IMS). Hal ini karena mencukur akan mempengaruhi selaput kulit, sehingga bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Sebenarnya pubic hair berfungsi untuk menjaga kelembaban dan kesehatan vagina. Tanpa pubic hair, kulit akan lebih rentan terhadap herpes dan kutil kelamin.

Tidak dianjurkan untuk perempuan obesitas

Orang yang bertubuh gemuk atau mengalami obesitas, umumnya kulit dibagian kewanitaan lebih menempel dengan paha. Kondisi tersebut menyebabkan bagian kewanitaannya lebih lembap, sehingga bakteri lebih mudah masuk. Dan rambut kemaluan bisa menjaga kondisi vagina agar tak terlalu lembap.

Jika B’timers merasa risih dengan rambut kemaluan yang panjang, rapikan saja dengan memotong atau memangkasnya menggunakan gunting. Selain lebih aman, dengan metode ini tidak akan menyebabkan ingrown hair. Anda hanya akan merasa sedikit gatal ketika rambut bertambah panjang.

Share This Article