Enak Sih, Tapi Apa Hati Ayam Aman Dikonsumsi? | Breaktime
Memang Enak Sih, Tapi Apa Hati Ayam Aman Dikonsumsi?
01.01.2016

Anda pasti sering mendengar wanti-wanti dari orang tua atau orang di sekitar Anda untuk tidak mengkonsumsi jeroan ayam. Wejangan mereka meman ada benarnya. Seperti yang kita tahu, jeroan ayam memang mengandung kolesterol yang sangat tinggi, apalagi kolesterol yang terdapat pada hati ayam.

Namun, tahukah Anda jika Anda mengkonsumsi hati ayam dalam jumlah yang tak berlebihan atau cukup, Anda justru akan merasakan manfaat dari gizi yang terkandung dalam hati ayam? Nah, B’timers, jangan hanya tahu buruknya saja, Anda juga perlu tahu bahwa hati ayam yang lezat itu juga mengandung vitamin yang berguna untuk tubuh Anda. Makan hati ayam aman-aman saja asal Anda tahu takaran yang tepat. Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam hati ayam:

  • Kandungan nutrisi

Sebenarnya, kandungan nutrisi yang terdapat dalam hati ayam cukup baik. Di setiap 1 ons hati ayam matang, terdapat 45 kalori dan hanya mengandung 1 gram lemak, 15 miligram sodium dan tidak ada karbohidrat di dalamnya. Protein dari hati ayam bisa di dapatkan dari 7 gram hati ayam matang.

Sayangnya, dengan ukuran yang sama, hati ayam tersebut mengandung 180 miligram kolesterol. Anda bisa menyiasati sendiri bagaimana agar mendapatkan nutrisi yang cukup dan bahaya kolesterol tidak terlalu mengancam.

  • Vitamin A

Dalam 1 ons hati ayam yang matang, mengandung vitamin A sebanyak 130 persen dari kebutuhan harian Anda. Seperti yang kita ketahui, vitamin A sangat baik untuk penglihatan. Selain itu, vitamin A juga membantu Anda terhindar dari gangguan penglihatan karena usia seperti katarak dan gangguan penglihatan lainnya.

  • Vitamin B12

Enak Sih, Tapi Apa Hati Ayam Aman Dikonsumsi? | Breaktime
Salah satu penyebab Alzheimer adalah kurangnya vitamin B12

Hati ayam juga mengandung vitamin B12 sebanyak 120 persen dari kebutuhan harian Anda. Jika Anda kekurangan vitamin B12, hal itu dapat memberikan kontribusi pada pengembangan anemia pernisiosa. Sedangkan jika Anda mendapatkan banyak vitamin B12 dalam diet Anda dapat membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah baru, meningkatkan tingkat energi Anda, meningkatkan fungsi mental dan melawan Alzheimer atau penyakit pikun.

  • Folat

Folat juga dikenal sebagai vitamin B9. Asam folat adalah bentuk folat yang ditambahkan untuk memperkaya kandungan nutrisi makanan. Hati ayam mengandung sekitar 60 persen dari kebutuhan asupan folat harian Anda, berdasarkan diet 2.000 kalori.

Folat sangat penting bagi wanita yang sedang hamil atau sedang dalam program hamil karena folat dapat mengurangi kemungkinan cacat maupun gangguan perkembangan mental pada janin.

Tak hanya hati ayam, mengkonsumsi apapun dalam jumlah yang berlebihan memang tidak baik. Jadi, belajarlah untuk selalu bijaksana dalam menentukan jumlah makanan Anda. Ingatlah, Tuhan menciptakan apapun di dunia ini disertai dengan manfaat dan dampak buruknya. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya atau dampak buruknya, semuanya ada di tangan kita, B’timers! (nap)

Share This Article