Mau Suntik Botox? Ketahui 5 Hal Ini Dulu, Ya! | Breaktime
Mau Suntik Botox? Ketahui 5 Hal Ini Dulu, Ya!
29.06.2016

Ada saja cara yang dilakukan orang, terutama wanita untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik. Tindakan untuk meningkatkan kecantikan wajah yang sudah lama populer di kalangan wanita adalah suntik botox. Suntik botox dikenal sangat ampuh untuk membuat wajah tampak lebih awet muda dengan kulit bebas kerutan. Namun, ada hal yang harus diperhatikan sebelum suntik botox lho, B’timers. Apa saja, sih?

Botox berasal dari bakteri

Botox berasal dari botulinium toxin A yang merupakan neurotoksin yang diproduksi oleh bakteri clostridium botulinium. Bakteri ini memproduksi racun yang biasa digunakan pula oleh kalajengking dan tarantula untuk membunuh mangsa. Jika tidak dipakai sesuai dosis yang benar, botox bisa menyebabkan kelumpuhan otot pada manusia.

Mau Suntik Botox? Ketahui 5 Hal Ini Dulu, Ya! | Breaktime
Botox membuat Anda tampak awet muda

7 jenis racun botulinium

Ada 7 racun botulinium yang dikelompokkan mulai dari huruf A hingga G. Botulinium toxin yang digunakan untuk tujuan botox dapat mencegah otot berkontraksi sehingga membuat wajah tampak tanpa kerut dan tetap kencang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika racun ini masuk ke tubuh dengan konsentrasi tinggi, maka akan menyebabkan kelumpuhan otot terutama otot pernapasan.

Botox tidak bertahan lama

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum suntik botox adalah bahwa efeknya sangat singkat. Jika menggunakan dosis yang normal dan dalam batas aman, botox hanya bertahan selama 3-4 bulan saja. Jika menggunakan dosis lebih dari itu, bahaya kesehatan telah menanti Anda.

Bukan hanya tujuan kosmetik

Selama ini botox memang dikenal untuk mengencangkan dan menghilangkan kerutan pada kulit. Namun, rupanya suntik botox ini tidak hanya untuk kepentingan kosmetik saja, lho. Untuk tujuan medis, botox dapat digunakan untuk mengatasi migraine kronis, mata juling, keringat berlebih dan kondisi lainnya yang berkaitan dengan otot.

Mau Suntik Botox? Ketahui 5 Hal Ini Dulu, Ya! | Breaktime
Jangan sembarangan memilih dokter

Lakukan hanya di doctor terlatih dan berlisensi

Injeksi atau suntik botox bukanlah perawatan sederhana seperti manicure atau pedicure, B’timers. Karena itu, botox harus dilakukan oleh dokter yang memiliki lisensi, profesional dan terlatih dalam menangani hal ini. Jangan bahayakan diri sendiri dengan iming-iming suntik botox murah namun memiliki efek samping yang justru membahayakan hidup.

Nah, itulah 5 hal yang harus diperhatikan sebelum suntik botox. Dengan demikian Anda akan bisa mempertimbangkan dengan matang apakah Anda perlu tindakan kosmetik ini atau tidak. (nap)

Share This Article