Mata Terasa Gatal dan Perih? Kenali Sebabnya | Breaktime
Mata Terasa Gatal dan Perih? Kenali Sebabnya, Yuk!
07.12.2015

Suatu hari B’timers pasti pernah merasakan yang namanya mata terasa perih ataupun memerah, bukan? Gangguan mata ini semakin bertambah parah bila B’timers menatap layar monitor. Wah, pekerjaan Anda bisa terbengkalai dong jadinya, ya. Lalu, apa sih yang menyebabkan mata jadi iritasi sedemikian rupa?

Mata kering

Mata kering terjadi ketika kelenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak cairan mata atau karena air mata menguap ke udara. Alhasil, mata menjadi merah dan mengalami iritasi. Selain itu, air mata berfungsi sebagai penangkal infeksi, pelumas yang menjaga kelembaban mata, serta membersihkan kotoran dan debu yang ada. Jadi, makin sedikit air mata, makin besar pula peluang B’timers mengalami iritasi mata.

Konjungtivis

Mata iritasi juga bisa disebabkan adanya peradangan pada lapisan tipis yang menutupi bola mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata. Akhirnya, pembuluh darah mata menjadi bengkak, merah, dan terasa kesat. Selain itu, konjungtivis juga biasanya menimbulkan rasa gatal luar biasa.

Mata Terasa Gatal dan Perih? Kenali Sebabnya | Breaktime
Sering menatap monitor mengakibatkan mata mudah iritasi

Kelelahan

Mata iritasi juga bisa dikarenakan gaya hidup kurang sehat yang B’timers jalani, yakni berjam-jam menatap layar monitor. Selain itu, iritasi mata ini juga terjadi ketika Anda jarang mengedipkan mata saking asyiknya menyelesaikan pekerjaan atau berselancar di dunia maya. Pastikan untuk beristirahat selama beberapa jam dan teteskan obat mata agar mata tetap lembab dan sehat.

Luka

Cedera pada mata karena kecelakaan atau kecerobohan juga membuatnya iritasi. Jika pembuluh darah terluka, maka akan terjadi pendarahan yang membuat mata iritasi dan tak nyaman. Bahkan, adanya goresan kecil pada mata bisa mengakibatkan kornea lecet dan karenanya Anda harus menjalani operasi.

Dari empat penyebab mata iritasi tersebut, kira-kira penyebab manakah yang sedang B’timers alami saat ini? Bila gangguan mata tersebut tidak bisa diatasi dengan istirahat atau obat mata, sebaiknya Anda segera berobat ke dokter untuk dilakukan tindakan medis yang tepat, ya. (vsc)

Share This Article