Mata Lengket Setiap Bangun Tidur, Apa Sebabnya? | Breaktime
Mata Lengket Setiap Bangun Tidur, Apa Sebabnya?
16.09.2015
Sore menjelang malam dok. Dok saya mau bertanya. Kenapa ya setiap tertidur saya selalu keluar air mata. Dan paginya mata ada banyak seperti belek menggumpal


Dhika Zhunika (21), Jakarta

Selamat sore. Kemungkinan besar, Dhika mengalami kondisi yang disebut dengan konjungtivitis. Konjungtivitis berarti keradangan pada konjungtiva atau selaput bening yang melapisi area mata. Penyebabnya dapat bermacam-macam, misalnya bakteri, virus, jamur, alergi, atau iritasi. Gejala-gejala yang mungkin ditimbulkan dari konjungtivis ini antara lain:

1. Mata merah
2. Mata seperti mengganjal
3. Belekan
4. Mata terasa lengket saat bangun tidur
5. Keluar air mata berlebihan
6. Gatal 
7. Bengkak pada kelopak mata

Mata memerah merupakan salah satu gejalan konjungtivis
Mata memerah merupakan salah satu gejalan konjungtivis

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan konjungtivis, yaitu:

  • Konjungtivitis dapat menular tergantung penyebabnya. Penularan penyakit ini melalui cairan mata. Maka dari itu, hindari menyentuh atau mengucek mata yang sakit dan kurangi intensitas bersentuhan langsung dengan orang lain. Hindari juga bergantian memakai handuk atau pakaian dengan orang lain.
  • Jika Anda pengguna softlenses, sementara hentikan dulu pemakaian. Bisa jadi, sumber infeksi tersebut berasal dari penggunaan softlenses yang salah atau bahan di dalam softlenses. 
  • Perawatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala konjungtivis adalah mengompres mata dengan air dingin. Tapi ingat, jangan memindahkan kompresan dari mata satu ke mata sisi yang lain karena dapat menular. Setelah itu, teteskan artificial tears 4 hingga 8 kali dalam, boleh juga gunakan salep mata yang mengandung antibiotik spektrum luas.

Apabila gejalanya tidak berkurang dalam hitungan minggu, ada baiknya Dhika segera menemui dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang lebih menyeluruh. Semoga membantu.

Share This Article