Mata Kabur dan Pendengaran Berkurang Gejala | Breaktime
Mata Kabur dan Pendengaran Berkurang, Waspadai Penyakit ini!
28.12.2015

Mungkin Anda akan menyepelekan penglihatan yang mulai kabur ataupun pendengaran yang mulai berkurang. Padahal, masalah kecil tersebut, bisa menjadi gejala awal penyakit, termasuk diabetes dan stroke. Berikut ini kondisi kesehatan yang berhubungan dengan pandangan kabur dan pendengaran berkurang.

Diabetes

Diabetes tipe 1 ataupun 2, selain menyebabkan pandangan kabur, juga diikuti oleh gejala lain seperti lapar, lelah, haus, dan menyebabkan intensitas buang air kecil lebih sering.

Transient ischemic attack (mini-stroke)

Serangan stroke ringan atau mini stroke umumnya juga di awali dengan pandangan kabur yang kemudian di ikuti dengan sakit kepala mati rasa, kesemutan, kaku pada wajah, lengan, dan kaki.

Cedera mata

Cedera pada mata, baik sakit mata, iritasi, pendarahan dan cedera lainnya tentu akan mengganggu fungsi penglihatan.

Mata Kabur dan Pendengaran Berkurang Gejala | Breaktime
Pandangan kabur juga bisa menjadi salah satu gejala diabetes

Paparan suara keras

Berkurangnya pendengaran pada seseorang, bisa disebabkan karena paparan suara keras yang akan menyebabkan telinga berdenging (tinnitus) dan tekanan pada telinga.

Penyakit Meniere

Penyakit Meniere merupakan salah satu pengakit telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo kronis ataupun pusing ekstrim. Penyakit ini juga akan menyebabkan pendengaran berkurang

Infeksi telinga tengah

Infeksi telinga pada bagian tengah akan menyebabkan tekanan pada gendang telinga, nyeri atau sakit, serta beberapa gangguan pendengaran.

Epilepsi

Epilepsi, baik kejang parsial kompleks maupun kejang parsial sederhana, akan menyebabkan penderita kehilangan pendengarannya.

Labyrinthitis

Labyrinthitis merupakan salah satu jenis infeksi dan pembengkakan yang terjadi pada telinga bagian dalam. Penyakit ini akan menyebabkan vertigo dan penurunan kemampuan pendengaran bagi penderita.

Neuroma akustik

Neuroma akustik akan menyebabkan gangguang pendengaran pada salah satu telinga, telinga berdenging, dan vertigo.

Mata Kabur dan Pendengaran Berkurang Gejala | Breaktime
Migrain juga bisa menjadi penyebab penglihatan kabur

Diabetic ketoacidosis

Gangguan pada pendengaran dan mata kabur bisa menjadi salah satu gejala diabetic ketoacidosisi disamping gejala lain, seperti mulut kering, haus yang berlebihan, sering buang air kecil, dan beberapa gejala lain.

Kriptokosis

Kriptokosis merupakan salah satu penyakit paru-paru, yang juga mengganggu sistem pencernaan, pernapasan, gejala kardiovaskuler, serta mengakibatkan mata kabur.

Migrain ocular

Migrain ocular merupakan salah satu jenis migraine yang dapat menyebabkan kebutaan sementara pada salah satu mata.

Stroke

Ketika serangan stroke terjadi, pasokan darah dan oksigen ke otak akan terpotong. Akibatnya, seseorang akan mati rasa, kebingungan, penglihatan kabur, serta pendengaran yang berkurang.

Degenerasi macula

Degenerasi macula merupakan salah satu penyakit yang menyerang penglihatan Anda. Kondisi ini akan membuat Anda merasa kesakitan sekaligus menyebabkan Anda kehilangan penglihatan sentral Anda.

Pseudohipoparatiroidisme

Pseudohipoparatiroidisme merupakan salah satu kelainan langka yang diwariskan. Kelainan ini akan menyebabkan kejang otot, kram, dan beberapa gejala lain termasuk pandangangan kabur.

Selain kondisi diatas, kerusakan atau kelainan pada mata dan telinga juga dapat mengakibatkan mata kabur dan pendengaran berkurang. Untuk itu, segera hubungi dokter jika gejala ini tiba-tiba muncul. (dfr)

Share This Article