Manfaat Terapi Musik untuk Kesehatan Fisik dan Mental | Breaktime
Manfaat Terapi Musik untuk Kesehatan Fisik dan Mental
08.10.2015
“Music touches us emotionally, where words alone can’t.” – Johnny Depp

Apakah B’timers senang mendengarkan musik? Ya, musik memang bisa mempengaruhi perasaan dan pikiran kita. Saat mood kita buruk kita mendengarkan musik, saat kita merasa sedih dan galau kita juga mendengarkan musik. Menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan, ternyata musik juga bisa menjadi terapi untuk kesehatan, lho. Seperti apa musik bekerja sebagai terapi?

Dementia

Dementia ditandai dengan menurunnya fungsi kognitif seperti berkurangnya kemampuan untuk memahami sesuatu, bisa jadi disebabkan oleh penyakit atau trauma. Bagi orang dewasa yang mengalami dementia, musik bisa menjadi terapi yang dapat mengurangi tindakan agresif, gejala dementia, memperbaiki mood, serta memperbaiki kemampuan kognitif.

Depresi

Depresi merupakan salah satu penyakit yang mempengaruhi tubuh, mood dan pikiran. Depresi juga dapat mempengaruhi pola makan dan tidur seseorang, caranya berpikir dan merasakan, serta menghadapi situasi. Terapi musik dapat meningkatkan respon seorang penderita depresi serta menurunkan denyut jantung, laju pernapasan, tekanan darah dan mood yang tertekan.

Musik dapat menjadi terapi yang baik untuk kesehatan
Musik dapat menjadi terapi yang baik untuk kesehatan

Perkembangan bayi

Musik yang diputar untuk “didengarkan” bayi yang masih berada dalam kandungan terbukti dapat membuat sang anak lebih responsif terhadap musik setelah lahir. Selain itu, musik yang lembut dapat menenangkan sekaligus mengurangi kegelisahan pada bayi. Musik juga membantu meningkatkan nafsu makan bayi, menaikkan berat badan dan kepekaan bayi terhadap rangsangan.

Kualitas tidur

Insomnia membuat seseorang sulit tidur dan sulit bangun pagi lebih awal keesokan harinya. Juga dapat menyebabkan rasa kantuk luar biasa di siang hari serta tubuh kekurangan energi, bahkan dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan depresi dan sulit konsentrasi. Musik dapat membantu memperbaiki kualitas tidur dengan membuat Anda tidur lebih nyenyak dan lebih lama.

Nah, agar kegiatan mendengarkan musik tetap aman, sebaiknya hindari menggunakan headset dengan volume yang terlalu keras. Sebab, itu bisa mengganggu telinga dan merusak pendengaran Anda. Manfaatkan musik yang lebih lembut dan slow untuk terapi kesehatan B’timers.

Share This Article