Manfaat Si Hitam Kopi Pada Kecantikan Kulit Anda | Breaktime
Manfaat Si Hitam Kopi Pada Kecantikan Kulit Anda
16.09.2015

Tingginya kadar kafein pada kopi seringkali dijadikan ancaman serius pada kesehatan ginjal, hati, hingga lambung. Padahal, kopi ternyata memiliki banyak manfaat tersembunyi bagi kecantikan kulit, lho. Masa, sih? Yuk, simak ulasan berikut ini:

Menghilangkan ‘mata panda’

Ampas kopi efektif menghilangkan mata panda
Ampas kopi efektif menghilangkan mata panda

Lynda Torrey, Direktur dari Education at The Woodhouse Day Spa, merekomendasikan untuk menggunakan ampas kopi sebagai penghilang efek ‘mata panda.’ Caranya, saring ampas kopi dan dinginkan beberapa saat. Setelah itu, bubuhkan ampas kopi pada area mata yang menghitam dan tunggu sekitar 20 menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih.

Menyamarkan selulit

Kembalikan kulit mulus bebas selulit dengan scrub kopi
Kembalikan kulit mulus bebas selulit dengan scrub kopi

Salah satu penyebab timbulnya selulit adalah timbunan lemak dalam tubuh. Namun, Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan scrub alami yang terbuat dari kopi. Siapkan seperempat cangkir ampas kopi yang masih hangat dan campur dengan satu sendok makan minyak zaitun.

Setelah itu, balurkan pada area selulit. Diamkan sampai scrub mengering dan bilas dengan air bersih. Scrub alami ini juga bagus untuk merangsang aliran darah, mengencangkan jaringan kulit, serta mengangkat sel kulit mati yang menjadikan kulit lebih putih.

Menghilangkan bekas jerawat dan komedo

Ampas kopi bantu hilangkan bekas jerawat plus  komedo
Ampas kopi bantu hilangkan bekas jerawat plus komedo

B’timers yang memiliki masalah dengan jerawat plus komedo membandel bisa mengandalkan masker kopi untuk “membasminya”. Caranya, sangrailah beberapa biji kopi hingga harum dan tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air dan oleskan ke seluruh wajah hingga merata. Biarkan mengering dan bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan hal ini 2 kali dalam seminggu.

Mencegah kanker kulit

Konsumsi kopi secara seimbang bisa cegah kanker kulit
Konsumsi kopi secara seimbang bisa cegah kanker kulit

Menurut US National Cancer Institute, seseorang yang mengonsumsi kopi tak lebih dari 4 cangkir sehari ternyata bisa membebaskannya dari risiko kanker kulit. Hal ini dikarenakan kafein dalam kopi dapat menghambat pertumbuhan sel-sel melanoma kanker yang sangat cepat membelah diri dan sulit disembuhkan.

Mencerahkan kulit

Kopi bisa bantu untuk mencerahkan wajah kusam
Kopi bisa bantu untuk mencerahkan wajah kusam

Tak hanya bengkoang yang bisa dijadikan masker alami pencerah wajah, lho. Campurkan 2 sendok makan yoghurt organik tanpa rasa dengan satu sendok makan kopi bubuk. Setelah itu, oleskan masker tersebut pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih.

Menghilangkan kulit kasar di kaki

Ampas kopi mampu menghaluskan telapak kaki yang pecah-pecah
Ampas kopi mampu menghaluskan telapak kaki yang pecah-pecah

Sering bepergian dengan menggunakan heels atau boot juga rentan mengakibatkan kulit kaki kasar dan pecah-pecah. Untuk mengatasi hal ini, B’timers dapat menggunakan campuran bubuk kopi dan minyak kelapa sebagai scrub alami. Gosokkan scrub tersebut pada kaki selama 10 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

Wow, ternyata banyak manfaat kopi yang diam-diam menakjubkan bagi kecantikan kulit Anda, bukan? Wanna try, B’timers?

Share This Article