Manfaat Positif di Balik Ngerinya Efek Air Keras | Breaktime
Manfaat Positif di Balik Ngerinya Efek Air Keras
13.04.2017

Dan satu lagi kabar mengejutkan yang datang dari ibukota, Selasa, 11 April yang lalu, B’timers. Sepulang dari melaksanakan sholat subuh di masjid di dekat rumahnya, Novel Baswedan, penyidik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) mendapatkan sebuah serangan. Seseorang menyiramkan air keras ke wajah pria tersebut yang mengakibatkan luka bakar yang cukup parah pada wajah Novel, B’timers. Luka yang didapatkan Novel membuatnya harus dirawat di rumah sakit.

Manfaat Positif di Balik Ngerinya Efek Air Keras | Breaktime
Luka Novel Baswedan karena air keras. Photo by Google

Sejak beberapa tahun terakhir, sudah tak bisa dihitung lagi korban yang mendapatkan serangan berupa siraman air keras. Luka bakar yang ditimbulkan dari siraman air keras ini tidak hanya menimbulkan rasa nyeri yang sangat parah, B’timers. Kulit yang terkena air keras bahkan akan menderita luka bakar yang bisa dibilang cukup mengerikan. Dan yang paling mengerikan, air keras juga bisa menimbulkan gangguan dari organ yang terkena, seperti mata, telinga dan lainnya.

Baca juga: WOW, TERNYATA GANJA SIMPAN KEBAIKAN DI DALAMNYA!

Efek negatif yang ditimbulkan oleh air keras berasal dari kandungan berbahaya yang ada di dalam air keras tersebut, B’timers. Salah satunya adalah kandungan asam sulfat yang biasanya digunakan untuk pereaksi di labilatorium. Dan ada juga kandungan asam klorida. Biasanya kandungan ini digunakan di dalam industry pewarna. Lalu ada asam nitrat yang memiliki sifat pengoksida.

Manfaat Positif di Balik Ngerinya Efek Air Keras | Breaktime
Pemurnian emas ternyata menggunakan air keras, B’timers

Wah, dengan semua kandungan berbahaya tersebut, tidak mengherankan jika air keras menyentuh kulit akan langsung menjadi penyebab terbakarnya kulit, B’timers. Reaksi yang dihasilkan oleh air keras jika menyentuh kulit adalah menghasilkan panas. Itulah penyebab dari rasa panas dan terbakar yang korban rasakan ketika kulit menyentuh air keras, B’timers.

Baca juga: WASPADAILAH TANDA-TANDA VERTIGO YANG MENGGANGGU!

Eits, tapi di balik bahayanya yang sangat mengerikan, ternyata cairan air keras menyembunyikan cukup banyak manfaat positif, lho, B’timers. Bahkan penggunaan air keras di dalam kehidupan sehari-hari pun sangat banyak. Wah, tentunya hal ini terdengar cukup mengejutkan, ya? Tapi apakah mungkin air keras yang sangat berbahaya ini digunakan di dalam kehidupan sehari-hari, B’timers?

Manfaat Positif di Balik Ngerinya Efek Air Keras | Breaktime
Air keras sangat berguna di dalam kehidupan sehari-hari, lho

Bahan air keras, seperti misalnya asam klorida, sangat sering kita jumpai penggunaannya dalam industri logam. Kandungan dalam asam klorida dapat membantu menghilangkan karat maupun kerak yang ada pada besi baja, lho, B’timers. Sedangkan penggunaan asam klorida di labolatorium, biasanya digunakan untuk mengukur kadar asam basa yang terdapat di dalam sebuah larutan. Lalu asam nitrat, juga dapat Anda temukan di dalam penggunaan dalam proses pemurnian logam, seperti emas dan perak.

Baca juga: SERING SAKIT KEPALA? MUNGKIN INI DIA PENYEBABNYA

Karena tingginya risiko yang membahayakan dari penggunaan air keras, sebaiknya Anda sangat berhati-hati dalam menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti misalnya, membersihkan lantai atau alat memasak. Meskipun biasanya kadar air keras yang dijual di pasaran untuk kebutuhan sehari-hari kadarnya sudah dikurangi, tetap saja Anda harus mengetahui langkah P3K jika terkena air keras, lho!

Manfaat Positif di Balik Ngerinya Efek Air Keras | Breaktime
Segera basuh dengan air dingin yang mengalir jika terkena air keras

Hindari kepanikan yang berlebihan saat kulit terkena air keras, B’timers. Well, mungkin Anda mengira sangatlah sulit untuk tidak panik, ketika air keras mengenai kulit kita. Namun semakin panik diri Anda, maka akan semakin lama kulit Anda mendapatkan pertolongan pertama yang akan meringankan luka dan juga nyeri yang dirasakan.

Setelah itu segeralah basuh luka karena air keras dengan air dingin yang mengalir. Lakukan langkah ini selama kurang lebih sekitar 10 – 15 menit. Air dingin akan membantu meringankan rasa panas yang ditimbulkan oleh air keras. Lalu apabila air keras mengenai mata Anda, siram mata Anda dengan air hangat dan lakukan selama kurang lebih sekitar 20 menit.

Bagi Anda yang tidak sengaja menghirup uap dari air keras, pindahlah dan cari udara segar di tempat terbuka. Yang cukup berbahaya adalah ketika air keras terminum. Namun langkah terpenting adalah jangan panik, B’timers. Segeralah minum air sebanyak 2 gelas untuk meringankan luka. Dan segeralah mencari bantuan medis. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide