Manfaat Minyak Jagung Yang Tak Bisa Disepelekan! | Breaktime
Manfaat Minyak Jagung Yang Tak Bisa Disepelekan!
31.12.2016

B’Timers, ketika Anda menggoreng makanan jenis minyak apakah yang sering Anda gunakan? Mayoritas masyarakat Indonesia masih sering menggunakan minyak kelapa sawit sebagai minyak goreng, walaupun seiring dengan perkembangan pengetahuan dan kesadaran akan merawat  kesehatan, pihak produsen minyak goreng pun memasarkan produk minyak yang terbuat dari bahan kelapa. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa selain minyak kelapa dan minyak sawit ada satu jenis minyak nabati lain yaitu minyak jagung? Apakah minyak jagung dan apa manfaat minyak jagung bagi kesehatan?

Baca juga : B’TIMERS, TERNYATA MINYAK GORENG BANYAK JENISNYA, LHO!

Sama seperti minyak kelapa, manfaat minyak jagung sangatlah menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Minyak jagung didapatkan dari biji-biji jagung yang diperas dan diambil ekstrak minyaknya. Walaupun tidak terlalu dikenal sebagai minyak goreng, penggunaan minyak jagung sendiri telah sering digunakan untuk pembuatan sabun, pelumas, dan kosmetik.

Minyak jagung memilik beberapa manfaat yang berguna untuk kesehatan, salah satunya adalah sebagai penangkal kanker. Asam fenolik yang terdapat di dalam minyak jagung merupakan salah satu zat antioksidan yang berfungsi untuk memerangi sel-sel kanker terutama bagi pengidap kanker payudara dan kanker hati. Selain itu, minyak jagung juga memiliki zat-zat bernutrisi tinggi yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda dapat melawan bibit-bibit penyakit dengan lebih efisien.

Manfaat Minyak Jagung Yang Tak Bisa Disepelekan! | Breaktime
Minyak jagung ternyata memiliki banyak manfaat!

Selain itu, bagi Anda yang menderita penyakit pencernaan seperti konstipasi atau wasir Anda dapat mengkonsumsi minyak jagung untuk membantu tubuh mendapatkan asupan serat yang cukup sehingga proses BAB Anda pun akan menjadi lancar. Minyak jagung juga berfungsi untuk membersihkan usus besar dari sisa-sisa makanan dan racun yang menempel di dinding usus sehingga memperkecil resiko Anda terjangkit penyakit kanker usus besar yang berbahaya.

Bagi Anda yang tengah mengandung buah hati, ada baiknya Anda menyertakan minyak jagung ke dalam menu makanan Anda. Minyak jagung mengandung asam folat yang mana zat ini sangat berguna untuk melindungi kesehatan janin dan memastikan perkembangan organ-organ tubuh janin sehingga bayi Anda akan terlahir sempurna dan tidak kurang satu apapun.

Anda juga dapat merasakan manfaat nyata dari asam linoleat yang terkandung di dalam minyak jagung. Asam linoleat memiliki peranan penting dalam pendistribusian vitamin-vitamin ke seluruh organ tubuh. Asam linoleat juga memiliki fungsi untuk membantu proses penyerapan vitamin-vitamin penguat tulang seperti vitamin D sehingga mencegah pengeroposan tulang.

Asam linoleat juga memiliki fungsi sebagai pengontrol kadar gula di dalam darah, dan dengan terkontrolnya kadar gula di dalam darah Anda akan terhindar dari resiko terkena penyakit diabetes. Asam linoleat yang terkandung di dalam minyak jagung juga memiliki peranan penting dalam menekan senyawa zat-zat di dalam tubuh yang menyebabkan peradangan serta kerusakan pada sendi. Hal tersebut tentunya sangatlah penting untuk diketahui bagi Anda yang mengidap rheumatik atau penyakit-penyakit tulang dan persendian yang lain. 

Baca juga : MENGGUNAKAN MINYAK GORENG BERKALI-KALI, AMANKAH?

Minyak jagung juga dapat membantu sel-sel kulit dalam regenerasi sel dan memperlebar dinding pembuluh darah sehingga kulit Anda akan menerima pasokan oksigen dan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan. Kulit tubuh Anda pun akan menjadi lebih cerah, halus, dan kenyal. Selain itu minyak jagung juga turut membantu pendistribusian zat-zat makanan ke anggota tubuh yang lain seperti rambut sehingga membantu mencegah rambut rontok dan memperkuat kuku sehingga kuku tidak mudah patah.

Demikianlah beberapa manfaat minyak jagung! Yuk mulai beralih ke gaya hidup yang lebih sehat dengan menggunakan minyak jagung untuk kebutuhan memasak Anda! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE