Manfaat-Manfaat Gandum Yang Tersembunyi | Breaktime
Manfaat-Manfaat Gandum Yang Tersembunyi
15.12.2016

Manfaat gandum adalah untuk memperlancar metabolisme dan memberikan efek kenyang bagi tubuh”, Anda tentu sering mendengar atau membaca pernyataan tersebut melalui majalah atau situs-situs kesehatan yang membahas diet yang sehat. Gandum memang memiliki kandungan serat yang besar sehingga sangat baik untuk pencernaan tubuh, gandum juga memberikan efek kenyang yang tahan lama sehingga dapat menahan nafsu mengemil secara efektif.  

Baca juga : ROTI GANDUM ATAU OATMEAL YANG LEBIH BAIK, YA?

Akan tetapi, manfaat gandum tidak hanya berhenti di situ saja. Tumbuhan ini juga memiliki berbagai macam manfaat-manfaat lain yang baik untuk tubuh dan patut untuk diketahui. Salah satu manfaat dari gandum adalah, ia memiliki zat magnesium yang berperan sangat penting untuk pencegahan penyakit diabetes. Magnesium yang merupakan co-faktor dari 300 enzim tubuh ini turut mengontrol produksi hormon insulin dan sekresi glukosa. Dengan mengkonsumsi produk gandum murni, gula darah Anda akan senantiasa dalam keadaan terkontrol dan Anda pun akan terhindar dari penyakit diabetes. Selain itu, gandum juga memiliki kadar glukosa yang lebih rendah dibandingkan beras putih sehingga bagi Anda yang mengidap penyakit diabetes sangat disarankan untuk mengganti nasi putih Anda dengan gandum. 

Manfaat-Manfaat Gandum Yang Tersembunyi | Breaktime
Gandum juga sangat baik untuk kesehatan jantung

Gandum juga memiliki khasiat yaitu meredakan serta mencegah gejala-gejala pembengkakan yang terjadi di usus. Selain itu, gandum juga berfungsi untuk mengontrol protein C-reaktif yang merupakan faktor utama penyebab pembengkakan di hati yang menyebabkan diabetes. Selain itu bagi seorang ibu hamil, mengkonsumsi gandum dapat membantu melindungi janin sehingga terhindar dari kelahiran prematur, preeclampsia, dan mencegah gangguan kesuburan bagi Anda yang berencana mempunyai anak.

Jika Anda menginginkan anak Anda tumbuh dengan sehat tanpa gangguan gejala asthma, sangatlah disarankan bagi Anda untuk memperkenalkan makanan berserat ini semenjak anak Anda masih menginjak usia bayi. Penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang sering mengkonsumsi biji-bijian gandum di usia batita akan memiliki kecenderungan terkena asthma yang lebih rendah saat mereka menginjak usia 5 tahun dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi gandum, dimana sebuah penelitian dari Belanda mengkonfirmasi hal yang sama.

Baca juga : GURIH DAN SEDAPNYA UDANG GANDUM BUATAN SENDIRI

Mengkonsumsi gandum dipercaya mampu meminimalisir resiko Anda terjangkit penyakit kanker, terutama penyakit kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker usus. Menurut Delbridge, dengan mengkonsumsi menu diet yang terdiri dari kombinasi antara gandum, buah-buahan, dan sayuran segar dapat memberikan perlindungan maksimal pada tubuh terhadap paparan radikal bebas penyebab kanker.

Gandum juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Gandum mampu membentengi tubuh dari menyerap dan memproduksi kolesterol jahat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, gandum juga membantu untuk mengontrol kandungan trigliserida agar tetap seimbang dan mencegah timbulnya plak-plak pada pembuluh darah maupun penyempitan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung.  Menurut penelitian, cukup dengan mengkonsumsi sajian gandum sebanyak 2-3 sajian, Anda dapat menghindari gejala serangan jantung sebanyak 30%.

Dan mungkin Anda tidak akan menyangka bahwa kesehatan gusi dan gigi ternyata berkaitan cukup erat dengan konsumsi gandum. Gandum ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi dan mencegah penyakit-penyakit gusi, seperti pembengkakan pada gusi. Paling tidak, hal tersebut berdasarkan penelitian dari para ahli gizi yang mengadakan penelitian mengenai manfaat gandum untuk kesehatan gusi dengan melibatkan responden pria sejumlah 35.000 orang. Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi gandum secara rutin memiliki kemungkinan terkena penyakit gusi yang relatif rendah, yaitu sekitar 23%.

Ternyata ada banyak sekali manfaat gandum yang dapat Anda petik, ya? Yuk, lebih tingkatkan konsumsi gandum dalam menu diet sehari-hari Anda! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE