Manfaat dan Cara Menggunakan Cuka Apel | Breaktime
Manfaat dan Cara Menggunakan Cuka Apel
04.07.2018

Breaktime.co.id - Memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih menjadi dambaan setiap orang. Tidak hanya kaum wanita, kaum pria pun ingin memiliki kulit wajah yang sehat, dan cerah. Salah satu bahan alami yang aman untuk merawat kulit saat ini sedang digandrungi wanita adalah cuka sari apel. Manfaat cuka sari apel untuk kecantikan dan kesehatan banyak manfaatnya dan aman, itulah sebabnya mengapa produk ini sangat disukai.

Cuka sari apel (apple cider vinegar) adalah salah satu bahan alami yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini di Indonesia. Alasan utama kenapa cuka sari apel cukup sering dimanfaatkan adalah karena fungsinya yang sangat fleksibel. Cuka apel terbuat dari sari apel yang telah mengalami fermentasi, dimana bakteri dan ragi mengubah gula menjadi alkohol dan akhirnya menjadi asam asetat. Cuka sari apel ini kaya akan mineral, seperti kalium, natrium, klorida, fosfor, kalsium, dan magnesium, dan mineral, seperti, tembaga, fluor, serta vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, bioflavonoid, dan pektin.

Berbagai manfaat cuka sari apel untuk kecantikan dan kesehatan

1. Untuk Mencegah Jerawat

Perawatan wajah dengan cuka apel bisa membantu mengatasi dan mengobati jerawat. Karena, cuka yang terbuat dari buah apel ini memiliki sifat anti-bakteri dan antiseptik yang ampuh untuk membersihkan wajah--agar bebas dari bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, pori-pori akan jadi lebih bersih dari partikel debu dan minyak apabila dibersihkan dengan menggunakan cuka.

Cara menggunakannya :
- Sediakan satu bagian cuka sari apel kemudian campur dengan 2 bagian air bersih.
- Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran bahan alami tersebut ke kulit yang berjerawat.
- Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.
- Cobalah untuk menerapkannya beberapa kali dalam sehari hingga jerawat benar-benar hilang

2.  Untuk Toner Wajah

Manfaat cuka sari apel untuk kecantikan yang petama adalah sebagai toner. Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda bisa memanfaatkan bahan alami ini untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah, memperkecil pori-pori, sekaligus memperlancar aliran darah. Berbagai manfaat tersebut tidak lepas dari adanya kandungan asam alfa hidroksi yang terdapat di dalamnya. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya sebagai toner kulit wajah.

Cara menggunakannya :
- Sediakan kurang lebih setengah cangkir cuka sari apel. Kemudian campurkan dengan air yang sudah disuling dengan perbandingan yang sama.
- Tambahkan juga beberapa tetes minyak esensial, misalnya minyak lavender.
- Setelah dicampur rata, oleskan larutan tersebut di permukaan kulit wajah dengan menggunakan bola kapas.
- Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air dingin.
- Sisa toner alami buatan tersebut bisa Anda terapkan sekali atau dua kali dalam sehari.
- Namun ingat! pastikan Anda mengocoknya sebelum digunakan agar campuran larut dengan sempurna.
- Apabila Anda memiliki kulit normal, campuran yang digunakan adalah 1 bagian cuka sari apel dan 2 bagian air sulingan. Jika memiliki kulit sensitif, tambahkan lebih banyak air, misalnya hingga 4 bagian dan kurangi frekuensi menggunakan toner. Sebelum mengaplikasikan di kulit (muka) yang sensitif, pastikan Anda melakukan tes terlebih dahulu di kulit belakang telinga
Saran: Jangan menerapkan toner alami ini terlalu lama di kulit wajah karena dapat menyebabkan iritasi apabila dibiarkan terlalu lama.

3. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Khasiat cuka sari apel untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi sakit tenggorokan atau radang tenggorokan. Cuka ini bisa membantu mencegah infeksi sekaligus menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat. Karena sebagian besar kuman sebenarnya tidak bisa hidup di lingkungan yang asam (seperti yang terkandung di dalam cuka).

Cara menggunakannya :
- Sediakan seperempat cangkir cuka sari apel.
- Kemudian campurkan dengan seperempat cangkir air hangat.
- Gunakan campuran tersebut untuk berkumur-kumur setiap beberapa jam

4. Diabetes

Studi telah melaporkan bahwa cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah pada pasien dengan diabetes tipe 2. Dalam sebuah studi bahkan melaporkan bahwa cuka apel memiliki aktivitas yang sama seperti metformin atau acarbose, yang keduanya merupakan obat antidiabetes.

5. Menghilangkan Bau Badan

Untuk digunakan sebagai deodoran, bersihkan ketiak dengan bola kapas yang dicelupkan ke dalam cuka apel setiap pagi. Untuk bau kaki, penggunaan ½ cangkir cuka apel dan campurkan dalam wadah air hangat dan rendam kaki selama sekitar 15 menit seminggu sekali.

6. Menurunkan Berat Badan

Ahli kesehatan meyakini bahwa cuka sari apel bermanfaat untuk menurunkan bobot tubuh. Cara menurunkan berat badan dengan menggunakan cuka sari apel adalah dengan, mengkonsumsi 2 sdm per hari selama kurang lebih 12 minggu. Tujuannya adalah untuk menurunkan berat badan hingga 1,8 kg. Khasiat tersebut bisa Anda dapatkan tanpa perlu memodifikasi gaya hidup atau diet harian. Menurut penelitian, cuka alami ini bisa meningkatkan rasa kenyang, membantu mengurangi asupan makanan sehingga menyebabkan berat badan menurun. Bahkan, dalam studi lain ditemukan bahwa, cuka apel juga bisa membantu menurunkan asupan kalori hingga 275 kalori per hari.

Semoga bisa menambah pengetahuan kalian mengenai Manfaat cuka apel ini, selain membuat wajah menjadi tampak cantik dan bersih, cuka apel ini juga bisa untuk kesehatan kalian juga agar terhindar dari penyakit.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE