Manfaat Air Kelapa Selain Menjadi Penawar Racun | Breaktime
Manfaat Air Kelapa Selain Menjadi Penawar Racun
21.12.2016

B’Timers, hidangan minuman apakah yang sangat cocok dan khas diminum saat Anda sedang berwisata ke pantai? Apabila Anda menjawab hidangan es degan, maka Anda memberikan jawaban yang benar! Minuman yang terbuat dari kelapa muda ini memang sangat menyegarkan sehingga tidak mengherankan jika minuman air kelapa ini termasuk minuman yang sangat terkenal. Air kelapa muda juga kerap digunakan sebagai penawar racun yang ampuh ketika Anda mengalami keracunan. Dan ternyata manfaat air kelapa tidak berhenti di situ saja!

Selama ini, satu-satunya manfaat air kelapa yang diketahui oleh masyarakat luas hanyalah sebagai penawar racun. Akan tetapi ternyata khasiat dari buah tropis ini tidak berhenti di situ saja. Air kelapa memiliki kandungan elektrolis dan plasma air yang seimbang dibandingkan dengan produk cairan mineral yang lain. Dengan mengkonsumsi segelas air kelapa secara teratur setelah beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, tubuh Anda akan mendapatkan kembali pasokan cairan dan mineral yang menghilang sehingga keseimbangan ion pun tetap terjaga. Selain itu, air kelapa merupakan alternatif yang sangat dianjurkan bagi Anda yang menderita penyakit-penyakit seperti kolera, disentri, dan penyakit-penyakit lain yang mengakibatkan dehidrasi.  

Baca juga : INI DIA MANFAAT MENYEHATKAN DARI MINYAK KELAPA!

Penuaan diri merupakan sebuah gejala kesehatan yang tidak ingin dialami oleh siapapun. Dan Anda dapat membantu mencegah tubuh Anda mengalami penuaan dini dengan mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi dimana salah satunya adalah air kelapa. Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin yang berfungsi untuk membantu melancarkan proses pertumbuhan dan regulasi sel yang menjamin kulit yang sehat dan tetap lembap sehingga mencegah munculnya keriput.

Air kelapa juga dapat dijadikan media pengobatan bagi Anda yang menderita darah tinggi. Air kelapa mengandung kadar potassium yang cukup kaya, dan potassium adalah zat yang bertugas untuk mengontrol keseimbangan tekanan darah. Hasil penelitian mengenai pengaruh air kelapa untuk penderita penyakit hipertensi tercantum di dalam Jurnal Kedokteran India Barat di tahun 2005. 

Manfaat Air Kelapa Selain Menjadi Penawar Racun | Breaktime
Air kelapa dan 1001 manfaatnya!

Selain untuk mengontrol tekanan darah, air kelapa juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan sebaliknya meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL) dan sebagai hasilnya Anda pun akan terhindar dari resiko penyakit-penyakit kardiovaskular seperti diabetes atau penyakit jantung.

Air kelapa adalah air yang memiliki kandungan alkali yang sangat tinggi dimana ia mampu menyeimbangkan kadar pH di dalam tubuh. Seperti yang telah Anda ketahui, apabila tubuh memiliki kandungan pH yang terlalu asam, maka hal tersebut dapat berdampak negatif bagi fungsi-fungsi organ tubuh seperti menyebabkan gangguan hati, diabetes, tekanan darah tinggi, penurunan daya tahan tubuh, dan pengeroposan tulang.

Baca juga : BENARKAH KONSUMSI KELAPA MUDA BIKIN KREMIAN?

Air kelapa juga dapat membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh melalui sifat diuretik yang dimilikinya sehingga merangsang peningkatan produksi urine dan melancarkan urine. Selain itu, kandungan potassium yang tinggi pada air kelapa dapat meningkatkan kadar alkali (basa) dalam urine sehingga mencegah pembentukan batu ginjal dan membantu melarutkan batu ginjal tertentu yang ada di dalam ginjal. Selain itu, air kelapa juga memiliki sifat anti-bakterial yang dapat membantu tubuh dalam memerangi bakteri-bakteri penyebab infeksi kandung kemih dan infeksi ginjal.

Ternyata terdapat banyak sekali manfaat air kelapa, ya? Walaupun bermanfaat, sayangnya air kelapa tidak dapat dikonsumsi terlalu sering, B’Timers. Jadi konsumsi air kelapa secukupnya saja, ya! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE