Mandi Dua Kali Sehari, Sudah Cukup atau Kurang?
Mandi Dua Kali Sehari, Sudah Cukup atau Kurang?
08.01.2017

Berapa kali dalam sehari Anda mandi, B’timers? Tinggal di negara tropis membuat banyak dari kita yang merasa tak nyaman jika harus bergelut dengan keringat. Terlebih mereka yang tinggal di dataran rendah di Indonesia. Eeewwh! Berkeringat setelah seharian bekerja dan tidak mandi, tentu membuat kita tidak nyaman. Namun sebenarnya mandi dua kali sehari itu sudah cukup atau malah kurang, ya, B’timers?

Pada kenyataannya, tubuh kita tak pernah benar-benar kotor, kok. Mungkin ketika masih kecil, perintah mandi dua kali sering terdengar. Tahukah Anda, bahwa sebenarnya kita hanya perlu mandi sekali sampai dua kali dalam seminggu, lho. Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh dokter Elaine Larson, ahli penyakit menular di Columbia University School of Nursing, B’timers.

Mandi dua kali sehari sudah cukup?
Mandi dua kali sehari sudah cukup?

tersebut mungkin membuat kita bergidik. Bayangkan saja, apa jadinya jika kita benar-benar hanya perlu mandi seminggu sekali atau dua kali? Nah, jika Anda masih tidak yakin apakah manusia harus mandi dua kali sehari atau cukup sekali, masih ada penelitian selanjutnya yang wajib Anda ketahui, lho.

Dokter C. Brandon Mitchell, asisten profesor dermatologi di George Washington University menegaskan bahwa, tubuh manusia memiliki kemampuan alami untuk menjaga kebersihannya sendiri. Karena mandi justru akan mengikis minyak alami dan lapisan kulit terluar yang penting. Apalagi jika Anda selalu mandi menggunakan sabun. Kulit Anda akan semakin rentan kering dan memudahkan kuman masuk ke tubuh.

Kesalahan yang kita percayai selama ini adalah, mandi membantu kita menyingkirkan bakteri yang ada di kulit. Padahal hal tersebut sama sekali tidak benar, B’timers. So, apakah Anda penganut mandi sekali sehari atau mandi harus dua kali sehari, B’timers? (NO)

Share This Article