Mandi Air Panas atau Air Dingin, Pilih yang Mana? | Breaktime
Mandi Air Panas atau Air Dingin, Pilih yang Mana?
16.10.2015

Mandi sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari B’timers, bukan? Ya, mandi tak hanya menyegarkan, namun juga menyehatkan. Nah, ternyata mandi bisa memberi manfaat lebih dari itu, lho. Dan, itu tergantung pada suhu air yang Anda gunakan untuk mandi. Baik itu air dingin maupun air panas, ini dia kelebihan masing-masing.

Mandi air panas

  • Mandi air panas dapat membantu merilekskan saraf yang tegang. Air panas juga dapat membantu mengatasi rasa kaku dan pegal pada otot. Akan lebih baik jika Anda mandi air panas sambil keramas, juga lakukan pijat pada bahu, leher dan punggung.
  • Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mandi air panas dapat meningkatkan level oksitosin dan meredakan kegelisahan. Jika Anda sedang membutuhkan pereda stress, mandi air panas bisa menjadi salah satu solusi tepat.
  • Mandi air panas juga berfungsi seperti dekongestan alami yang meredakan gejala pilek, karena uap air panas dapat meresap ke dalam hidung.

Udara membuat Anda terserang demam? Mandi air panas bisa membantu Anda meredakan demam dan mengembalikan suhu normal tubuh Anda.

Mandi Air Panas atau Air Dingin, Pilih yang Mana? | Breaktime
Mandi air panas atau air dingin sama-sama menyehatkan!

Mandi air dingin

  • Mandi air dingin sebenarnya sangat baik untuk tubuh, lho. Guyuran air dingin yang segar dapat “mengejutkan” badan Anda dan membuat Anda benar-benar terbangun. Perubahan suhu instan yang bisa Anda dapat dari siraman air dingin dapat membantu menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan “kesadaran” Anda.
  • Agar lebih terasa, Anda bisa mencoba mandi dengan air yang suhunya lebih dingin. Cobalah mengguyurkan airnya selama dua hingga tiga menit sebanyak satu atau dua kali dalam satu hari. Ini sekaligus merupakan salah satu bentuk pengobatan untuk depresi, lho. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan ini.
  • Tahukah Anda? Air dingin juga lebih baik untuk rambut dan kulit. Jika air panas dapat menyebabkan kulit dan rambut jadi kering, air dingin justru menghidrasi dan membantu melembabkan kulit yang kering.

Nah, itulah manfaat dari mandi air panas dan air dingin. Masing-masing punya kelebihan, bukan? Mana yang B’timers pilih?

Share This Article