Mandi Air Dingin, Ini Manfaat Kesehatannya! | Breaktime
Mandi Air Dingin, Ini Manfaat Kesehatannya!
16.03.2016

Kegiatan mandi tidak hanya sebatas mengguyurkan air dan membilas dengan sabun ke seluruh tubuh. B’timers pasti sering melakukan banyak hal seperti bernyanyi dan mungkin sambil melamun memikirkan masa depan. Sayangnya ancaman air dingin kadang membuat Anda malas untuk mandi. Padahal banyak, lho, manfaat mandi air dingin yang bisa B’timers dapatkan.

Air dingin mengurangi depresi

Berdasarkan Dr. Nikolai Shevchuck, B’timers membutuhkan treatment kejut dari air dingin untuk mengaktifkan beta-endorphin dan noradrenaline dalam otak. Kejutan dari air dingin ini serupa dengan terapi kejut elektrik sehingga sangat berguna sebagai pengobatan anti depresi. Mandi dengan air dingin mampu mengurangi tingkat keasaman dari urin sehingga risiko terkena penyakit ginjal akan berkurang.

Mandi Air Dingin, Ini Manfaat Kesehatannya! | Breaktime
When you feel so depressed, just take a cold shower

Mandi air dingin juga terbukti berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Membilas dengan air dingin setelah mencuci tubuh dengan air hangat akan mengurangi warna merah dan pembengkakan area mata. Mengguyur air dingin dapat meningkatkan gluthathione yang membantu antioksidan dalam tubuh Anda lebih kuat dan mampu menahan beban fisik, emosional, hingga stres yang B’timers alami.

Baca juga : ANDA TAK PERLU MANDI SETIAP HARI, KATA PARA DERMATOLOGIS!

Air dingin mengurangi kecemasan

Selain mengurangi depresi, manfaat mandi air dingin adalah mampu mengurangi kecemasan dalam diri B’timers. Berdasarkan penelitian dari University of Osaka menemukan bahwa mandi dengan air dingin berkhasiat untuk mengurangi hormon kortisol. Hormon kortisol merupakan hormon yang berperan aktif dalam tubuh untuk memunculkan stres dan cemas.

Mandi Air Dingin, Ini Manfaat Kesehatannya! | Breaktime
Biarkan air dingin membasuh seluruh gundah dalam hati Anda

Tidak hanya itu, mandi dengan air dingin mampu mengurangi kecemasan Anda terhadap kesuburan sperma. Seperti yang telah B’timers ketahui, sperma sensitif dan mudah mati terhadap suhu panas. Mandi air dingin akan menjaga kesehatan sperma Anda tetap fit. Mandi air dingin juga membantu peredaran darah tetap lancar dan meningkatkan sistem imun.

Terlalu takut dingin untuk memulai?

Ide tentang mandi dengan menggunakan air dingin mungkin menghantui B’timers meskipun Anda sudah mengetahui berbagai manfaat mandi air dingin tersebut. B’timers tidak perlu mengubahnya secara langsung, Anda bisa melakukannya secara perlahan-lahan dengan memulai mandi dengan air hangat. Setelah beberapa menit, turunkan suhunya hingga mencapai kira-kira 20o C.

Mandi Air Dingin, Ini Manfaat Kesehatannya! | Breaktime
Coba dulu perlahan-lahan maka Anda akan mendapat khasiat dari mandi air dingin

Jika B’timers menganggap mandi air dingin bukan hal yang cocok untuk Anda, Anda jangan menyerah setelah beberapa kali mandi air dingin. Lakukan secara rutin hingga B’timers mulai terbiasa mengguyurkan air dingin pada tubuh Anda. Tentu lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda jika B’timers memiliki riwayat sakit jantung maupun migrain.

Wow, banyak juga manfaat mandi air dingin yang bisa B’timers dapatkan rupanya. Jadi, masih ragu untuk tidak mandi dengan air dingin? (ft)

Share This Article