Awas! Ternyata Posisi Tidur Mempengaruhi Kesehatan | Breaktime
Mana yang Lebih Sehat, Tidur Tengkurap, Telentang, atau Miring?
06.07.2015

Tidak memberikan waktu pada tubuh dan pikiran untuk beristirahat, tidur ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan. Ya, dengan posisi tidur yang benar, ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh. Ini dia urutan posisi tidur mulai dari yang terbaik hingga terburuk:

Telentang

Posisi terbaik saat tidur
Posisi terbaik saat tidur

Steven Diamant, seorang chiropractor dari New York, menjelaskan bahwa tidur telentang bisa mencegah kram leher, punggung, dan tulang belakang. Selain dapat mencegah penyakit tersebut, tidur telentang juga dapat mengurangi risiko naiknya kadar asam dalam tubuh. Dee Anna Glaser, MD, seorang profesor dari ahli kulit di Saint Louis University, menyebutkan bahwa tidur telentang juga mencegah timbulnya keriput. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya sesuatu yag dapat menekan kulit wajah, contohnya bantal.

Posisi miring

Ada sisi baik dan buruk dari tidur dengan posisi miring
Ada sisi baik dan buruk dari tidur dengan posisi miring

Tidur dengan posisi miring bisa mengurangi dengkuran dan membuat tulang belakang lebih rileks. Jika B’timers menderita penyakit yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung, maka posisi tidur satu ini sangat dianjurkan. Sayangnya, posisi tidur miring bisameyebabkan timbulnya keriput karena kulit wajah tertekan bantal setiap hari.

Tengkurap

Posisi terburuk saat tidur
Posisi terburuk saat tidur

Posisi tidur satu ini bisa dibilang yang paling buruk dari 2 posisi lainnya. Sebab, posisi tidur tengkurap bisa memicu penyakit punggung dan juga nyeri leher. Ketika tidur dalam posisi ini, tentu saja kepala akan menghadap ke arah lain agar tetap bisa bernafas. Melakukan hal tersebut selama beberapa jam akan membuat bagian tubuh menjadi nyeri, sakit, dan kaku.

Bagaimana posisi tidur B’timers selama ini? Kalau masih sering tidur tengkurap, yuk mulai ubah kebiasaan tersebut!

Share This Article