Makanan Tinggi Protein Yang Tepat Untuk Diet! | Breaktime
Makanan Tinggi Protein Yang Tepat Untuk Diet!
07.12.2016

Anda tentu sering mendengar banyak orang, terutama para ahli gizi yang menyarankan untuk mengganti menu makanan Anda dengan makanan-makanan dengan kandungan protein yang tinggi untuk membantu program diet Anda, akan tetapi tentu Anda juga bertanya-tanya apa sajakah jenis makanan tinggi protein yang dapat Anda konsumsi.

Anda cukup mujur, karena sebenarnya makanan tinggi protein termasuk sangat mudah untuk ditemukan di alam. Paling tidak tersedia 42 jenis makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan membangun jaringan tubuh Anda. Dan makanan-makanan tersebut tidak hanya bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi produk hewani saja, melainkan juga produk nabati. Penasaran? Yuk, intip apa saja makanan berprotein tinggi yang baik untuk kesehatan!

Baca juga : WOW, MAKANAN INI BERPROTEIN LEBIH TINGGI DARI TELUR

Jawara dari jajaran makanan dengan kadar protein tinggi adalah kacang kedelai yang memiliki kandungan protein sebesar 36,49 g dari jumlah kacang kedelai sebanyak 100 gram. Menurut para ahli, kedelai memiliki kandungan protein yang setara dengan produk hewani seperti daging dan telur. Bahkan dapat dibilang kedelai lebih unggul dari daging dan telur karena ia memiliki kandungan lemak jenuh sebesar 0% sehingga tidak mengherankan jika kedelai menjadi jenis kacang-kacangan yang sangat sering dikonsumsi dan direkomendasikan di antara kaum vegetarian.

Selain kedelai, Anda juga bisa mendapatkan zat protein dari produk-produk nabati yang lain, seperti gandum. Dalam 100 gram gandum mengandung 16 g protein, selain itu gandum juga mengandung zat-zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan seperti zat karbohidrat, aneka macam vitamin mulai dari B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan zinc. Bagi Anda yang menyukai sayur bayam, Anda dapat mengkonsumsi sayuran hijau kesukaan Popeye ini secara lebih rutin untuk mendapatkan asupan protein sebesar 2.9 g dari sajian bayam sebanyak 100 gram. Anda juga dapat menambahkan biji bunga matahari (kuaci) ke dalam daftar camilan sehat Anda, karena camilan mengasyikkan ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sebesar 20.78 g. 

Makanan Tinggi Protein Yang Tepat Untuk Diet! | Breaktime
Konsumsi protein tinggi baik untuk kesehatan, lho!

Pada kategori produk hewani, daging domba muda memiliki kadar protein sebesar 30 g.  Selain itu, ikan tuna juga dinilai memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu sekitar 29 g. Selain itu, ikan tuna mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan dan perawatan sel-sel otak. Penggemar keju pun dapat menjadikan produk olahan susu ini menjadi menu rutin untuk mendapatkan kandungan protein sebesar 21 gram. Jika Anda lebih menyukai susu, Anda dapat menikmati susu sapi sekaligus mendapatkan protein sebesar 3.20 di tiap sajiannya berjumlah 100 gram.

Akan tetapi, jika Anda mengidap intoleransi laktosa sehingga menghalangi Anda dalam mengkonsumsi susu sapi, Anda dapat menjadikan susu kambing sebagai alternatifnya. Susu kambing tidak hanya memiliki rantai asam lemak yang lebih mudah dicerna dibandingkan susu sapi, ia juga memiliki kandungan protein yang sedikit lebih tinggi yaitu sekitar 8.7 g. Untuk daging sapi, dalam 100 gram-nya ia mengandung zat protein sebesar 25-36. Untuk penggemar daging putih terutama daging ayam, dalam sajian 100 gram daging ayam, tubuh Anda dapat menyerap kadar protein sebesar 23 g yang didapatkan dari daging bagian dada. Sedangkan produk turunannya yaitu telur ayam menghasilkan protein sebesar 12,6 g .

Tentu saja, selain uraian makanan-makanan di atas, terdapat lebih banyak lagi makanan tinggi protein yang dapat Anda peroleh dari alam. Yuk, mulai konsumsi makanan berprotein tinggi mulai dari sekarang!



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE