Makanan Terbaik untuk Pertumbuhan Remaja | Breaktime
Makanan Terbaik untuk Pertumbuhan Remaja
09.03.2016

Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Pada masa-masa ini, tumbuh kembang anak akan begitu tampak terutama pada beberapa bagian tubuhnya. Untuk itu, berikan makanan terbaik untuk remaja, agar tumbuh kembangnya optimal.

Nutrisi utama yang dibutuhkan remaja

Makanan Terbaik untuk Pertumbuhan Remaja | Breaktime
Lengkapi kebutuhan nutrisinya

Seorang remaja, membutuhkan lebih banyak kalsium dan zat besi selama masa tumbuh kembangnya. Kalsium dapat membantu mereka membentuk tulang yang kuat dan mencegah pengeroposan tulang. Anda bisa memberikan susu serta produk dairy lainnya untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

Pada anak laki-laki zat besi yang dapat meningkatkan volume darah dan pertumbuhan masa ototnya, sedangkan anak perempuan sangat membutuhkan zat besi selama masa menstruasinya. Zat besi dapat diperoleh dari daging merah, kacang-kacangan, dan gandum.

Membantu remaja memilih makanan sehat

Makanan Terbaik untuk Pertumbuhan Remaja | Breaktime
Variasikan menu makanan yang Anda sajikan

Selain memberikan makanan terbaik untuk remaja, Anda juga harus memberikan contoh pada mereka agar terbiasa memilih makanan sehat. Berikut caranya:

  • Biasakan menggunakan kata ‘setiap hari’ atau ‘kadang-kadang’ untuk menyebut makanan, dibanding ‘baik’ dan ‘buruk’. Dengan begitu anak akan berpikir positif tentang apa yang mereka konsumsi.
  • Makan sewaktu lapar dan bimbing anak agar bisa mengerti kondisi tubuhnya. Makan ketika lapar sangat jauh lebih baik dibanding menghitung asupan kalori atau makan ketika bosan dan lelah.
  • Variasikan menu makanan agar tak bosan. Remaja memang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, namun tak ada salahnya menyajikan pizza, es krim, coklat, ataupun keripik kentang sesekali.
  • Makan bersama akan lebih baik. Makan bersama keluarga merupakan salah satu hal yang baik untuk memicu anak makan dengan baik. Sajikan makanan sehat dengan nutrisi lengkap agar kebutuhannya terpenuhi.
  • Ikut sertakan anak. Ajak mereka berbelanja, memilih sayuran, serta menyiapkan dan memasak makanan. Anda bisa memintanya untuk mencari resep dengan menu-menu yang sehat melalui smartphone mereka.
  • Isi lemari es dengan makanan sehat. Di sela-sela waktu tentu keinginan ngemil akan muncul. Untuk itu, biasakan mengisi lemari es dengan makanan sehat. Ganti soda dengan susu dan keripik kentang dengan buah-buahan.

Hal pendukung

Tak hanya pilihan makanan bernutrisi, aktivitas fisik juga dapat menjadi pendukung yang sangat baik untuk pertumbuhan remaja. Aktivitas fisik akan membantu remaja lebih berenergi, sehat, dan membantu mereka mengelola mentalnya.

Jadi, padukan makanan terbaik untuk remaja dengan aktivitas fisik yang sesuai untuk mendukung tumbuh kembangnya, ya, B’timers. (dfr)

Share This Article