Makanan Penyebab Kolesterol yang Tak Terduga | Breaktime
Makanan Penyebab Kolesterol yang Tak Terduga
12.08.2017

Bahaya kolesterol rupanya mengancam Anda di mana saja. Selain diproduksi secara normal oleh organ hati, Anda juga memperoleh asupan kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang sudah tersohor dengan kandungan kolesterol yang tinggi di antaranya ialah gorengan, otak sapi, kuning telur, hati, maupun mentega. Normalnya, kolesterol dalam tubuh berfungsi menyeleksi masuknya molekul ke dalam sel serta memberi perlindungan pada membran sel.

Sayangnya, apabila terlau banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, kadar kolesterol dalam tubuh Anda menjadi tidak seimbang dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan hingga penyakit fatal seperti jantung dan stroke. Siapa sangka, di samping makanan penyebab kolesterol yang sudah banyak dikenal, ternyata berbagai jenis makanan berikut ini diam-diam mengandung ancaman kolesterol tinggi lho!

Daging Unggas

Meski dianggap jauh lebih aman daripada daging merah seperti sapi dan kambing karena kandungan lemak yang rendah, rupanya daging unggas tetap memberi dampak negatif berupa peningkatan kadar kolesterol dalam darah apabila dimakan dalam jumlah banyak. Cara mengolah ayam, khususnya ketika digoreng, rupanya menjadi penyebab utama peningkatan kandungan kolesterol secara drastis. Jika dibandingkan dengan burger dan es krim, kandungan kolesterol dalam satu paha ayam saja ternyata jauh lebih tinggi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Obat Rematik dari Alam yang Wajib Dicoba

Mashed Potato

Selain menimbulkan penyakit jantung dan stroke, konsumsi kolesterol berlebih dapat meningkatkan tekanan darah dan menyumbat pembuluh darah. Mashed potato atau kentang tumbuk yang dijual di resto-resto favorit Anda rupanya menyimpan kadar lemak yang dangerously high karena menggunakan bahan olahan seperti mentega, susu, krim, dan keju. Artinya, selain sebagai salah satu asupan karbohidrat, kentang tumbuk diam-diam dapat menjadi makanan penyebab kolesterol apabila dikonsumsi berlebihan.

Produk Olahan Kelapa

Minyak kelapa dan santan yang sering Anda gunakan untuk penyedap masakan sehari-hari rupanya memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Artinya, mengkonsumsi produk olahan kelapa juga dapat memberi ancaman lonjakan kolesterol.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Dia Obat untuk Kolesterol Tinggi yang Ampuh!

Kue dan Pie

Citarasa lezat nan mengenyangkan, siapa sangka pie dan kue ternyata terbuat dari bahan-bahan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi seperti krim, mentega, keju, dan susu. Siapa sangka Anda diam-diam sedang menimbun kandungan kolesterol tinggi dalam darah saat Anda menikmati tiap gigitan pie dan kue favorit Anda.  

Popcorn

Makanan Penyebab Kolesterol yang Tak Terduga | Breaktime
Bahaya kolesterol ternyata mengintai di malik tiap butir popcorn

Salah satu camilan wajib saat menonton film di bioskop ini rupanya diam-diam mengandung 60 gram lemak jenuh dan 1200 kalori dalam sebuah wadah popcorn ukuran sedang. Hindari mengudap popcorn saat menikmati tayang TV favorit atau saat bersantai dengan keluarga karena minyak dan mentega yang digunakan memasak popcorn menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam tiap butirnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspada Karena Kolesterol Tinggi Menyebabkan Ini

Produk Olahan Susu

Karena susu termasuk ke dalam menu makanan 4 sehat 5 sempurna, masyarakat Indonesia seringkali salah kaprah dan menganggap bahwa konsumsi susu selamanya sehat. Selain mengandung nutrisi bermanfaat seperti protein, vitamin, mineral, dan kalsium, susu rupanya juga mengandung lemak jenuh. Alih-alih mendapat tubuh yang sehat, terlalu banyak mengkonsumsi susu dan segala produk olahannya dapat berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk memenuhi asupan gizi dari susu tanpa khawatir dengan risiko kolesterol, B’timers dapat mencoba mengkonsumsi produk susu rendah lemak.

Nah, B’timers, untuk menghindari risiko penyakit stroke dan jantung coroner, mulai saat ini hindari bahan pangan yang diam-diam merupakan makanan penyebab kolesterol tersebut di atas ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE