Makanan Penyebab Bau Mulut dan Cara Menanganinya | Breaktime
Makanan Penyebab Bau Mulut dan Cara Menanganinya
17.10.2017

Jauh sebelum diciptakannya aneka jenis pasta gigi dan mouthwash, tradisi membersihkan gigi dan mulut dengan bahan alami sudah banyak dilakukan oleh masyarakat kuno. Rasanya percuma bukan, ketika Anda telah rutin menjaga membersihkan mulut namun masih terganggu dengan masalah bau mulut membandel? Selain mengurangi rasa percaya diri, bau mulut juga dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman saat berinteraksi dengan Anda. Membersihkan mulut secara rutin tak berarti mencegah timbulnya aroma tak sedap apabila B’timers masih mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut.

Gangguan bau mulut merupakan masalah kesehatan yang cukup banyak dialami oleh setiap orang. Tentu saja, gangguan bau mulut sebaiknya tidak menghalangi Anda menikmati makanan yang Anda sukai. Selain menangani infeksi gigi dan plak yang dapat menyebabkan bau mulut, terdapat banyak trik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol bau mulut yang teramat mengganggu. B’timers juga bisa mencegah pengaruh buruk dari aneka makanan penyebab bau mulut tersebut terhdap kesehatan mulut dan gigi Anda.

Sebagai bahan pangan yang cukup sering dikonsumsi manusia dari berbagai peradaban dunia, telur rupanya dapat menyebabkan gangguan bau mulut. Tingginya kandungan protein pada telur akan menyisakan bau mulut. Saat dikonsumsi, protein pada telur akan bereaksi dengan cairan asam pada saluran pencernaan dan melepaskan bau tak sedap yang akan terbawa oleh sistem pernapasan dan keluar melalui rongga mulut. Tak hanya pada telur, kandungan protein dalam susu dan keju juga bisa menjadi pemicu gangguan mulut.

Makanan Penyebab Bau Mulut dan Cara Menanganinya | Breaktime
Tak hanya sehat, konsumsi susu dan keju juga dapat menyisakan bau mulut tak sedap

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, susu juga mengandung unsur alami berupa protein dan karbohidrat yang disukai bakteri penyebab bau mulut. Sisa-sisa susu yang menempel dalam mulut juga dapat melepaskan zat hidrogen sulfida yang beraroma busuk. Olahan susu seperti keju juga dapat menjadi makanan penyebab bau mulut. Keju bahkan sudah memiliki aroma yang cukup kuat sebelum dikonsumsi. Terbuat dari fermentasi susu yang mengental, keju pada dasarnya memiliki aroma yang berbeda berdasarkan jenis bakteri yang menyusun pengolahannya. Setiap gigitan keju yang Anda konsumsi akan mengundang bakteri berkembang biak dalam mulut Anda dan menguarkan aroma tak sedap.

Makanan Penyebab Bau Mulut dan Cara Menanganinya | Breaktime
Bawang-bawangan sudah terkenal sebagai makanan penyebab bau mulut

Bawang-bawangan merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan dalam memasak dan menambahkan citarasa dalam mengolah makanan. Tanpa bawang, masakan Anda tentunya akan terasa hambar. Meski demikian, bawang juga telah terkenal sebagai salah satu makanan penyebab bau mulut karena kandungan senyawa belerang. Senyawa yang dilepaskan melalui air liur dan aliran darah tersebut dapat memicu keluarnya aroma kuat bahkan cenderung tak sedap dari mulut Anda setelah memakan bawang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspada Beragam Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Sebagai minuman yang memiliki kandungan kafein tinggi, kopi banyak dikonsumsi terutama oleh kalangan pekerja urban. Mengawali pagi dengan menyeruput kopi sebelum mulai beraktivitas rupanya tak hanya menyegarkan pikiran, tapi juga menyebabkan bau mulut. Tingginya kandungan asam dan enzim alami dalam kopi dapat menyatu dengan air liur dan mendorong perkembangbiakan bakteri dalam mulut Anda. Selain kopi, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan mulut kering karena mengurangi produksi saliva. Tanpa adanya air liur, sisa kopi dan alkohol dapat menimbulkan bau mulut tak sedap. Meminum air secara rutin, terutama setelah mengkonsumsi kopi dan minuman beralkohol dapat membantu menyingkirkan bakteri dalam mulut dan mencegah timbulnya bau tak sedap.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Obat Herbal Penurun Kolesterol Ada Di Dapur!

Lagi-lagi soal kandungan protein, konsumsi aneka jenis daging dan ikan dapat menimbulkan gangguan bau mulut. B’timers bisa mencoba mengganti konsumsi daging emrah dan ikan dengan daging ayam maupun unggas lainnya. Selain itu, Anda bisa tetap menikmati lezat dan sehatnya daging merah dan ikan dengan melakukan upaya khusus untuk memelihara kesehatan mulut dan gigi serta mencegah timbulnya aroma tak sedap. Anda bisa mengunyah permen karet bebas gula untuk membantu menyegarkan mulut serta menrangsang produksi saliva. Air liur dijamin mampu menghilangkan setiap partikel daging dan ikan yang tersisa di mulut dan menimbulkan bau tak sedap. Anda juga dapat menyiramkan air lemon atau cuka di atas permukaan daging dan ikan sebelum dimakan agar tak menyisakan bau amis.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Amankan Miss V Tanpa Obat Tradisional Keputihan

Minuman dan makanan manis juga dapat menjadi makanan penyebab bau mulut, selain membuat mulut menjadi asam dan memicu kerusakan gigi. B’timers bisa tetap mengkonsumsi berbagai makanan tersebut di atas dalam jumlah wajar serta membersihkan gigi dan mulut secara rutin dan setiap kali sesudah makan. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE