Makanan Ini Sebabkan Anda Terserang Heartburn! | Breaktime
Makanan Ini Bisa Sebabkan Anda Terserang Heartburn B'timers!
26.11.2015

Apakah Anda pernah merasa seketika merasakan tubuh bagian dalam seperti dibakar?Dan rasa terbakar tersebut sulit sekali untuk hilang. Gangguan ini disebut dengan Heartburn, B'timers. Penyebab dari gejala ini adalah naiknya asam lambung ke atas, sehingga sepanjang kerongkongan tubuh serasa terbakar.

Bagi B'timers yang belum tau, heartburn adalah gejala awal dari penyakit GERD atau disebut juga dengan Gastroesophageal Reflux Disease. Penyebab yang sering kali menimbulkan gangguan ini adalah stres tinggi dan kebiasaan merokok mulai dini. Apabila gangguan ini muncul, biasanya akan terasa lebih parah saat berbaring atau membungkuk.

Heartburn ini biasanya akan muncul saat seseorang yang mengidapnya mengkonsumsi :

Makanan Ini Sebabkan Anda Terserang Heartburn! | Breaktime
Jeruk bisa menyebabkan B'timers terserang heartburn loh

1. Jeruk

Buah segar dengan citarasa manis dan memiliki warna oranye ini juga bisa menyebabkan seseorang mengalami heartburn. Kandungan asam pada jeruk yang cukup besar mengakibatkan lambung mengalami lonjakan jumlah asam. Akibatnya asam tersebut keluar dari lambung dan menjalar ke kerongkongan.

2. Bawang putih

Bawang putih memang memiliki khasiat yang cukup besar sebagai obat darah tinggi, kolesterol, dan penurunan plak di arteri. Akan tetapi, sebuah senyawa yang ada pada bawang ternyata memicu produksi asam lambung sehingga bisa menyebabkan seseorang mengalami heartburn.

3. Papermin

Siapa yang mengira kalau papermin adalah salah satu dari sekian banyak contoh makanan yang bisa menyebabkan seseorang mengalami heartburn? Ternyata, efek rileksasi yang ditawarkan oleh pepermin berbahaya untuk mereka pasien heartburn karena saat otot pada dinding lambung menjadi relaks, asam lambung akan bocor dan keluar menuju ke kerongkongan atau ke usus.

4. Alkohol

Kalau yang satu ini jangan ditanyakan lagi, B'timers. Alkohol memang memberikan efek panas pada tubuh dan bahkan mengakibatkan orang yang mengkonsumsinya hilang kesadaran. Umumnya orang yang menegak alkohol pada bir akan mengalami heartburn karena sifat alkohol memang anti bakteri serta panas.

5. Kafein

Salah satu zat yang sering Anda jumpai pada kopi ini juga merupakan penyebab seseorang mengalami heartburn. Saat perut kosong dan Anda mengkonsumsi kopi, yang terjadi adalah dua kemungkinan. Satu Anda akan merasa kembung dan yang kedua adalah heartburn yang cukup lama.

Itulah beberapa produk yang bisa membuat Anda mengalami heartburn. Sangat disarankan untuk mengisi lambung dengan nasi dan setelah itu barulah mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut. (wsu)

Share This Article