Makan Sambil Berjalan Bikin Langsing atau Malah Sebaliknya? | Breaktime
Makan Sambil Berjalan Bikin Langsing atau Malah Sebaliknya?
27.08.2015

Tahukah Anda B’timers, kebiasaan makan sambil berjalan itu tidak dianjurkan? Menurut penelitian yang dilakukan di University of Surrey, aktivitas tersebut justru memicu seseorang untuk terus makan dan makan lagi.

Dalam penelitian yang melibatkan 60 orang tersebut, kelompok pertama diinstruksikan untuk makan sereal sembari ngobrol di sebuah bar dan kelompok ke dua melakukan hal yang sama sembari menyaksikan serial komedi. Kelompok ke tiga mendapatkan perintah untuk menyantap makanan yang sama sambil berjalan melewati koridor.

Menurut penelitian, berjalan dapat mengalihkan fokus  otak dalam mengingat apa yang dikonsumsi
Menurut penelitian, berjalan dapat mengalihkan fokus otak dalam mengingat apa yang dikonsumsi

Dari uji coba tersebut, para peneliti menemukan bahwa kelompok ke tiga justru menghabiskan makanan lebih banyak dari 2 kelompok lainnya.

Makan sembari berjalan akan merusak program diet dan menyebabkan seseorang akan terus makan. Hal ini disebabkan ada gangguan dalam tubuh yang disebabkan aktivitas berjalan dan justru hal itu memproses rasa lapar berlebih,” jelas Profesor Jane Ogden, salah seorang ahli yang ikut dalam penelitian tersebut.

Ogden juga menjelaskan bahwa berjalan di tempat manapun akan sama hasilnya, karena yang menjadi distraktor bukan tempatnya melainkan aktivitasnya.

“Ketika seseorang berkonsentrasi pada makanan yang dikonsumsi sembari berjalan, maka secara tidak sadar, dia akan terperangkap untuk terus mengonsumsi makanan tanpa harus mengetahui berapa banyak dan makanan apa yang dikonsumsi,” lanjutnya.

Oleh karenanya, apabila tidak ingin bertambah berat badan karena aktivitas yang secara tidak sengaja justru membuat tubuh bertambah gemuk, maka disarankn untuk berjalan selama beberapa menit terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan makan.

“Dengan melakukan aktivitas seperti berjalan sebelum makan, maka fungsi pembuluh darah akan lebih baik dan dapat mengurai kandungan lemak yang terserap oleh tubuh sebelumnya serta  menekan rasa lapar yang berlebih,” jelas Jason M. R. Gill, PhD dari University of Glasgow.

Ternyata, aktivitas sepele yang selama ini dianggap tak berbahaya, bisa menggagalkan diet Anda ya, B’timers? Berhati-hatilah!

Share This Article