Makan Cokelat Bisa Bikin Kita Bahagia, Benarkah? | Breaktime
Makan Cokelat Bisa Bikin Kita Bahagia, Benarkah?
03.08.2016

Apa yang Anda lakukan ketika sedang sedih atau stres, B’timers? Makan cokelat bisa jadi solusi buat Anda! Ada sejarah panjang yang membuktikan, bahwa makan cokelat dapat membuat seseorang lebih bahagia. Tapi apa sebenarnya rahasia di balik cokelat, ya, hingga bisa mengubah suasana hati kita dalam sekejab? Nah, ini dia kenapa makan cokelat bisa membuat bahagia, B’timers!

Membantu mengurangi stres

Ya, kekuatan ajaib dari cokelat yang Anda konsumsi memang telah dibuktikan oleh UC San Diego. Ketika seseorang makan setidaknya 1,5 ons cokelat hitam setiap hari selama seminggu, kadar hormon stres di dalam otak menurun. Wow! Di balik rasanya yang enak, ternyata ada juga manfaat menyehatkan, ya?

Makan Cokelat Bisa Bikin Kita Bahagia, Benarkah? | Breaktime
Secangkir cokelat panas bantu menyingkirkan kantuk

Membantu Anda terjaga

Berdasarkan penelitian dari The Royal Society of Chemistry terungkap, bahwa sebenarnya cokelat tidak mengandung kafein. Sebaliknya cokelat mengandung theobromine, yaitu senyawa yang membantu Anda mengurangi kantuk yang datang, B’timers. Saat ngantuk, kenapa tidak mengobatinya dengan cokelat?

Melepas hormon bahagia

Dan ternyata, cokelat tidak hanya dapat melepaskan endorphin yang ada di dalam otak Anda. Cokelat juga mengandung anandamine atau molekul kebahagiaan. Neurotransmitter yang diproduksi secara alami oleh otak ini memiliki manfaat yang sama seperti ganja, yaitu melepaskan hormon rasa senang.

Membuat Anda lebih pintar

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2007, Profesor Ian Macdonald dari University of Nottingham telah menemukan, bahwa orang yang minum cocoa kaya flavanol, memiliki aliran darah yang lebih lancar ke dan dari otak. Selain dapat meningkatkan kewaspadaan, ternyata dapat meningkatkan kinerja otak, lho.

Makan Cokelat Bisa Bikin Kita Bahagia, Benarkah? | Breaktime
Usir rasa lelah dengan cokelat, yuk!

Sekelompok orang dengan sindrom kelelahan kronis dilaporkan tidak lagi mengalami kelelahan. Hal ini terjadi setelah mereka makan sekitar 1,5 ons cokelat hitam setiap hari selama delapan minggu, B’timers. Dan yang menyenangkan, orang yang mengikuti penelitian tidak mengalami kenaikan berat badan!

Memang terbukti jika makan cokelat dapat membuat kita bahagia, ya, B’timers? Namun tentu saja tidak boleh berlebihan juga, lho. (NO)

Share This Article